oleh

Dinkes Imbau Masyarakat, Manfaatkan Pelayanan di Puskesmas    

KanalBekasi.com – Dinas Kesehatan Kota Bekasi, mengimbau masyarakat agar memanfaatkan pelayanan dasar kesehatan di Puskesmas secara maksimal.

Sebab, pelayanan maupun fasilitas kesehatan yang dimiliki Puskesmas saat ini, telah mumpuni sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan khususnya ditingkat dasar.

“Kami berharap masyarakat bisa memaksimalkan manfaat dari pelayanan Puskesmas. Karena saat ini, layanan kesehatan maupun fasilitas yang dimiliki puskesmas sudah lengkap,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan  Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.

Baca Juga: Pasien Pengguna Kartu Sehat Ditelantarkan

Menurut Tanti, karakteristik masyarakat saat ini memang lebih banyak mengunjungi rumah sakit dari pada Puskesmas ketika mengalami sakit. Bahkan, dari hasil laporan yang diterima Dinkes, tidak sedikit masyarakat pengguna KS yang mengalami penyakit ringan berobat ke rumah sakit.

Sedangkan, penanganan kesehatan puskesmas diwilayahnya masing-masing, akan lebih menghemat waktu.

“Bagi masyarakat pengguna Kartu Sehat yang mengalami penyakit ringan semisal batuk, flu, seharusnya bisa memaksimalkan pelayanan puskesmas.

Baca Juga: Plt Kadinkes Tegaskan Kartu Sehat Tak Melanggar Hukum

Karena, di puskemas juga sudah ada tenaga medis dan fasilitasnya seperti laboratorium juga sudah ada,” ujarnya.

Fenomena membludaknya pasien KS di sejumlah rumah sakit, tentunya tidak dapat dibendung. Karena, Pemerintah Kota Bekasi tidak mengharuskan pasien pengguna KS melalui tahapan fasilitas kesehatan (Faskes) I atau II.

Bahkan, Pemkot Bekasi, telah menginstruksikan seluruh rumah sakit supaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarkat yang berobat.

Lebih jauh, Tanti meminta kepada seluruh petugas kesehatan di Puskesmas, agar dapat meningkatkan serta memperbaiki sistem pelayanan kesehatan dimasing-masing wilayah, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan seluruh pelayanan dan fasilitas kesehatan Puskesmas.

“Memang saat ini Pemkot Bekasi sudah menginstruksikan kepada seluruh rumah sakit supaya tidak ada pasien pengguna KS yang ditolak. Tetapi kami juga berharap Puskesmas bisa meningkatkan pelayanannnya,” ucap dia.(adv/sgr)

Komentar

News Feed