Sidang Paripurna, DPRD Kota Bekasi Bentuk Pansus RPJMD

  • Whatsapp
Sidan paripurna DPRD Kota Bekasi, membentuk Pansus untuk membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bekasi tahun 2018-2023

KanalBekasi.com – Ketua DPRD Kota Bekasi, H. Tumai membuka sidang paripurna dengan agenda pengambilan sumpah dan penanda tanganan berita acara pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Bekasi dari partai Hanura masa bakti tahun 2014-2019.

Sidang paripurna juga dihadiri Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi, H. Edi, Heri Koswara dan segenap para pemangku jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi.

Dalam rangkaian sidang juga dilakukan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) sebanyak 30 anggota DPRD yang terkait Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bekasi Tahun 2018-2023 sesuai penjabaran Visi-Misi Kota Bekasi. Pembahasan RPJMD yakni program sasaran, strategi, arah kebijakan, pembangunan serta keuangan daerah, juga program perangkat daerah yang disertai kerangka pendanaan yang bersifat indikatif untuk jangka waktu 5 tahun kedepan.

Wali Kota Rahmat Effendi mengutarakan mengenai RPJMD yang harus memenuhi prinsip yang strategis, demokratis dan partisipatif, politis, perencanaan Bottom Up. Karena itu, Ia berharap dalam tahapan perencanaannya berasal dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Satu persatu dipaparkan mulai dari prinsip startegis, RPJMD yang kaitannya harus erat dengan proses penetapan kearah mana daerah ini akan dikembangkan, sesuai dengan program 5 tahun kedepan, serta langkah-langkah yang perlu dilakukan nanti.

Menurut Rahmat, prinsip demokratis juga perlu melaksanakan secara transparan, akuntabel, dan melibatkan masyarakat serta stakeholdee yang ada di setiap tahapan perencanaan. Politis, dalam hal ini RPJMD melibatkan proses konsultasi dengan kekuatan politik terutama Kepala Daerah yabg terpilih dengan DPRD.

Selanjutnya, prinsip perencanaan Bottom Up yang aspirasi dan kebutuhan masyarakat perlu diperhatikan dalam penyusunan RPJMD.

“Kami berharap semoga kita semua diberikan kekuatan dan kemampuan serta kearifan dalam rangka mengemban amanah yang akan dipercaya untuk dikaji, menelaah dan membahas Raperda RPJMD, sehingga memenuhi harapan dan dapat diselesaikan tepat pada waktunya,” papar Rahmat Effendi, Senin (4/3).

Dlalm akhir pemaparannya, Rahmat juga mengungkapkan, perencanaan tahapan dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, ini adalah bagian penting, sebab, semuanya akan kembali lagi kepada warga Kota Bekasi, karena pajak yang dihasilkan oleh hasil pembayaraan warga Kota Bekasi, semua dilayani untuk warga Kota Bekasi dan dinikmatinya.

”Alur penyusunan RPJMD yakni ,lur proses teknotratis strategi, alur partisipatif dan alur proses legislasi dan politik,” katanya.

Sidang paripurna ini dihadiiri 31 anggota DPRD Kota Bekasi. 19 orang diantaranya tidak hadir, 2 sakit, 1 orang izin dan lain lain sebanyak 16 orang.(adv/sgr)

Pos terkait