oleh

Dokter Ungkap Penyebab Banyaknya Anggota KPPS Meninggal Dunia

KanalBekasi.com – Hingga hari ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) meyebut jumlah anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia mencapai 225 oraang dan jumlah yang sakit mencapai 1.470 orang di seluruh Indonesia

Tingginya angka tersebut sangat mengejutkan, mengingat jumlahnya diluar perrkiraan siapapun. Efek banyaknya surat suara pada pemilu kali ini disinyalir menambah beban kerja para anggota KPPS di lapangan. Dokter yang bertugas di Puskesmas Duren Sawit Jakarta Timur, dr Rizki Dwi Muljanti Mengaku sempat menangani beberapa petugas KPPS yang datang sudah dalam kondisi yang lemah.

Baca Juga: Cegukan pada Sandiaga Disebut Medis Terindikasi Stres

Ada beberapa yang meninggal dunia akibat Jantung, Dispepsia dan Typus” kata Kiki, Jum’at (26/4)

Ia menambahkan Dispepsia di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan maag, dimana kondisi perasaan tidak nyaman atau nyeri pada saluran pencernaan bagian atas (perut, kerongkongan, atau usus dua belas jari). Maag terdiri dari berbagai gejala termasuk kembung, mual, dan bersendawa, dan sering merupakan tanda dari masalah yang lebih lanjut.

Maag itu sendiri bukan suatu penyakit, melainkan tanda dari kondisi kesehatan atau penyakit lain yang menjadi penyebabnya. Maag dapat terjadi pada hampir semua orang dari waktu ke waktu. Kondisi ini dapat dicegah dan dikelola dengan mengurangi faktor risiko Anda.

“Sebenarnya kalau di observasi lebih jauh beberapa dari mereka mengalami typus. Penyakit tersebut muncul akibat dari rasa lelah yang luar biasa karena perhitungan suara sampai pagi, sedangkan asupan makanan yang masuk kurang, mungkin beberapa dari mereka hanya minum kopi dan rokok saja” terang Kiki.

Beberapa yang lain, sambung Kiki, mengalami Jantung yang setelah ditelusuri riwayatnya memang punya kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Jadi walau terasa sehat awalnya ketika dicetus oleh kondisi badan yang tidak fit serta asupan makanan yang kurang maka penyakit tersebut langsung bereaksi.

”Semua penyakit tersebut dipicu dari rasa lelah, kebanyakan dari mereka tidak menyadari karena awalnya dalam kondisi yang sehat” tambahnya

Lebih lanjut, Kiki menyarankan para anggota KPPS yang bertugas rutin untuk pemeriksaan kondisi kesehatan, selain itu asupan gizi jadi hal wajib yang diperhatikan. Ketika badan sudah terasa lelah baiknya jangan dipaksakan

“ Dan pastinya kurangi rokok, karena nikotin pencetus beberapa penyakit tertentu” pungkasnya.(sgr)

Komentar

News Feed