oleh

SMAN 17 Bekasi Siap Helat Ujian PTN

KanalBekasi.com – SMAN 17 Bekasi menegaskan siap menyelenggarakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Kepala Sekolah SMAN 17 Bekasi, Waluyo mengungkapkan, pihaknya memang masih memfokuskan kepada penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa kelas 12.

Meskipun demikian, setelah pelaksanaan UNBK selesai, SMAN 17 Bekasi yang berlokasi di Jalan Haji Ilyas, Jaka Mulya, Bekasi Selatan, siap menghelat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) berbasis online Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di sekolah. Ujian tersebut merupakan salah satu syarat bagi peserta didik yang akan masuk ke PTN.

“Kebetulan tes tersebut dilaksanakan setelah UNBK rampung dan UTBK di SMAN 17 Bekasi berasal dari salah satu PTN, yakni Institut Pertanian Bogor (ITB) pada pertengahan April 2019 ini,” terang Waluyo kepada www.kanalbekasi.com, Kamis (4/4).

Baca Juga: Ini Skema Baru Pendaftaran PTN 2019

Sambung dia, tidak semua SMA negeri di Kota Bekasi mendapat kesempatan menggelar pelaksanaan UTBK berbasis online tersebut, dan SMAN 17 Bekasi merupakan salah satu SMA di Kota Bekasi yang memiliki kriteria dan dinyatakan layak melaksanakannya oleh pihak universitas negeri tersebut.

“Tidak semua sekolah mendapatkan kesempatan tersebut dan SMAN 17 Bekasi, termasuk beruntung karena beberapa kriteria yang dipenuhi di dalamnya,” ulasnya menambahkan.

Ia menjelaskan, nantinya hasil UTBK ini akan menjadi modal bagi para siswa yang akan melanjutkan pendidikannya ke sejumlah PTN di Indonesia.

“Hasil dari tes ini nantinya akan menjadi modal mereka memasuki PTN,” katanya.

Waluyo menambahkan, bahwa didalam pelaksanaan UTBK, setiap pengawas harus melewati proses seleksi telebih dahulu . Sebab, tidak semua guru dapat menjadi sebagai pengawas UTBK tanpa mengantongi proses penilaian dari pihak akademisi.

SMAN 17 Bekasi sendiri lanjut dia, mengusulkan 12 pengawas untuk mengikuti proses seleksi yang akan dilakukan di Kampus IPB Bogor.

“Dalam pelaksanaan UTBK tidak sembarang org bisa jadi pengawa. Karena pengawasnya akan di diklat selama satu hari. Setelah diklat selesai baru di tentukan pengawas tersebut layak atau tidak untuk mengawasi UTBK. Sedangkan pelaksanaan diklat untuk SMAN 17 tgl 6 April 2019, di Kampus IPB Bogor,” pungkasnya.(gir)

Komentar

News Feed