oleh

Media Asing Soroti Ulah Pendukung Prabowo di Aksi 22 Mei

KanalBekasi.com – Beberapa media luar negeri mencermati kerusuhan yang terjadi di beberapa titik ibu kota pascapengumuman hasil pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Aksi massa terjadi menyusul penetapan hasil akhir perhitungan suara KPU yang menyatakan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Pendukung Prabowo lantas menggelar protes sejak Selasa, (21/5) kemarin.

Baca Juga: Prabowo Minta Pendukungnya Hindari Bentrokan

Media berbahasa Inggris yang berkantor di Berlin, DWnews menulis “At least six people have died in Indonesia as protesters clashed with police in the capital Jakarta. Supporters of unsuccessful presidential candidate Prabowo Subianto took to the street following the release of official election results”

“Setidaknya enam orang tewas di Indonesia ketika para demonstran bentrok dengan polisi di Ibukota Jakarta. Para pendukung kandidat presiden yang gagal, Prabowo Subianto turun ke jalan menyusul pengumuman hasil pemilihan resmi,” demikian judul sebuah artikelnya

Sementara itu media Kanada Cbc news juga menulis hal serupa “Jakarta police used tear gas and water cannon to disperse supporters of defeated candidate Prabowo Subianto”

“Polisi Jakarta menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan pendukung calon yang kalah Prabowo Subianto,” tulisnya

Media Turki Eha news juga menulis hal serupa. Dalam artikelnya media tersebut menulis banyaknya pendukung Prabowo Subianto yang tidak menerima hasil pemilu.

“Protesters clash with police in post-election protests in Indonesia The riots followed, after the announcement of election results by General Election Commission, confirming that President Joko Widodo had beaten former general Prabowo Subianto”

“Pengunjuk rasa bentrok dengan polisi dalam protes pasca pemilihan di Indonesia. Kerusuhan menyusul, setelah pengumuman hasil pemilihan oleh Komisi Pemilihan Umum, menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengalahkan mantan jenderal Prabowo Subianto,” tulisnya

Media Inggris, The Guardian mengangkat peristiwa ini dengan judul “Indonesia riots: six dead after protesters clash with troops over election result”.

“Massa membakar kendaraan-kendaraan di Jakarta setelah para pendukung Prabowo Subianto, yang kalah dalam pemilihan, turun ke jalan-jalan,” demikian The Guardian mengawali tulisannya

Media terkemuka Amerika Serikat, Washington Post mengangkat insiden kerusuhan ini dengan judul “Protesters clash with Indonesian police after election loss”.

“Para pendukung kandidat presiden yang kalah, bentrok dengan aparat keamanan di ibu kota Indonesia,” tulis Washington Post.(sgr)

Komentar

News Feed