oleh

Oleh-oleh Khas Betawi Jadi Buruan Warga Jelang Mudik Lebaran

KanalBekasi.com – Menjelang hari raya Idul Fitri, umumnya penualan makanan ringan seperti kue-kue kering mengalami peningkatan penjualan. Hal itu dirasakan Mpok Nini (49) yang menjual makanan ringan khas Betawi di rumahnya, Jalan Belanak II Ujung, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

“Alhamdulillah, yang beli kesini selalu ada, meskipun jualannya cuma di rumah,” tutur Nini, Jumat (24/5).

Baca Juga: Kawasan Wiskul Hutan Kota, Sajikan Varian Makanan Khas Daerah

Di rumahnya sekaligus tempat produksi, Nini mengaku biasa menjual delapan varian makanan khas Betawi yang terdiri dari makanan kering dan basah.

Diantaranya kue akar kelapa, kue kembang goyang, biji ketapang, dodol, wajik ketan, telor gabus, geplak dan rengginang. Lalu ditambah satu menu minuman yakni bir pletok.

Hampir sembilan tahun Nini menggeluti usaha makanan khas Betawi. Selama ini, ia dibantu oleh adik dan suaminya untuk urusan dapur dan mengemas makanan.

Namun yang membuat usaha itu banyak dikenal karena sang anak memasarkannya lewat dunia maya.

“Jualan juga sekarang lebih gampang, di jual secara online. Walau pun cuma nunggu di rumah, insya Allah yang datang ke rumah ada aja,” ujarnya.

Khusus untuk musim mudik seperti sekarang ini, jumlah pesanan yang datang kebanyakan dari para pelanggan tetapnya, namun menjelang lebaran pesanan kuenya banyak diburu diluar pelanggan tetapnya.

“Kalau mau lebaran yang pesen bisa dari Sumatera, tapi kebanyakan dari Jawa. Biasanya H-10 sudah banyak yang pesan,” ungkapnya.

Dia pun menuturkan, makanan-makanan tersebut bisa dibeli per jenis atau juga dibeli menjadi paket, lengkap untuk semua varian makanan ditambah minuman. Rata-rata per varian di hargai Rp 25.000 ribu, sementara satu paket untuk semua varian dijual Rp160.000 ribu.

“Mereka biasanya datang dan bisa langsung beli ke sini atau pesen lewat online,” tandasnya.(gir)

Komentar

News Feed