oleh

Rekomendasi Pansus 31 DPRD Soal Kartu Sehat Ditolak Fraksi Golkar

KanalBekasi.com – Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) menolak rekomendasi Panitia Khusus (Pansus) 31 DPRD Kota Bekasi, dalam Rapat Paripurna di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Bekasi, pada Rabu (16/05).

Penolakan itu terkait pengintegrasian program kartu sehat Bekasi ke dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Komarudin, salah satu Anggota Fraksi Golkar  dalam Rapat Paripurna dengan agenda Laporan Pansus 31 DPRD Kota Bekasi terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Bekasi Tahun Anggaran 2018, mengatakan pengintegrasian tersebut, belum saatnya dilakukan, mengingat kartu sehat masih dibutuhkan oleh masyarakat.

“Menurut kami pengintegrasian kartu sehat tidak dulu dilakukan, mengingat efektifitas penggunaannya sudah sangat cepat dan efisiensi anggarannya juga luar biasa,” ungkap Komarudin, saat melakukan interupsi pada Rapat Paripurna.

Baca Juga: Warga Pengguna Kartu Sehat Keluhkan Prosedur yang Rumit dan Berbelit

Dalam Rapat Paripurna kali itu, sikap berlawanan disampaikan Heri Purnomi yang merupakan anggota dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia mendukung rekomendasi Pansus 31 DPRD Kota Bekasi.

“Padahal dalam catatan DPRD, LHP BPK Tahun 2017 sudah menemukan kelemahan fatal penyelenggaraan kartu sehat terkait penyelenggaraan pembiayaannya”, ujar Heri Purnomo.

Baca Juga: Kartu Sehat Dinilai Program Tidak Efektif

Lebih lanjut dikatakan Heri, PKS menyoroti overbudgeting anggaran kartu sehat yang semula dianggarkan sebesar Rp 175 miliar, lalu membengkak menjadi Rp 420 miliar.

“Bahkan perubahan kebijakan Wali Kota terkait peruntukkan kartu sehat dari warga miskin menjadi seluruh warga Kota Bekasi telah menciptakan resiko baru, yaitu dobel anggaran kepesertaan kartu sehat dengan sistem kepesertaan BPJS”, tandasnya.

Untuk diketahui, Chairoman Joewono Putro, merupakan Ketua Pansus 31 DPRD Kota Bekasi. Pengintegrasian kartu sehat ke dalam BPJS menurut Fraksi PKS akan membawa perubahan yang baik bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan.(ael)

Komentar

News Feed