oleh

Selama Bulan Ramadhan, Dinkes Kota Bekasi Intensifkan Pengecekan Takjil

-ADV, KESEHATAN-179 views

KanalBekasi.com – Dinas Kesehatan Kota Bekasi, akan mengintensifkan pengawasan rutin terhadap jajanan berbuka puasa (Takjil) di Kota Bekasi.

Pengawasan tersebut dilakukan guna memastikan keamanan dan kebersihan jajanan takjil selama bulan ramadhan.

“Kami akan memaksimalkan seluruh jajaran yang ada, khususnya puskesmas untuk melakukan pengecekan makanan berbuka puasa yang dijual di bulan ramadhan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, Kamis (2/5).

Baca Juga: Antisipasi Beredar Produk Kadaluarsa, Puluhan Retail Modern Dipanggil Dinkes Kota Bekasi

Menurut Tanti, kegiatan pengecekan makanan berbuka puasa ini masuk ke dalam program Kesehatan Keliling (Kesling), yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Pengujian sampel makanan akan dilakukan menggunakan alat Sanitarian KIT, di hampir seluruh kecamatan di Kota Bekasi oleh para petugas Puskesmas maupun Dinkes.
Karena itu, Tanti kembali menegaskan agar higienis aneka jajanan takjil diperhatikan oleh para penyedianya.

“Uji higienisnya menggunakan Sanitarian KIT yang ada,” terangnya.

Baca Juga: Dinkes Imbau Masyarakat, Manfaatkan Pelayanan di Puskesmas

Sejumlah Puskesmas yang memiliki alat Sanitarian KIT tersebar di 19 puskesmas di Kota Bekasi, diantaranya Puskesmas Jatisampurna, Puskesmas Jatiasih, Puskesmas Karang Kitri, Puskesmas Durenjaya, Puskesmas Bintarajaya, puskesmas Kotabaru, Puskesmas Seroja, Puskesmas Bojongrawalumbu, Puskesmas Pengasinan, Puskesmas Bantargebang, Puskesmas Jakamulya, Puskesmas Pejuang, Puskesmas Pondokgede, puskesmas Jatiwarna, puskesmas Bintara, puskesmas Mustikajaya, Puskesmas Pekayonjaya, Puskesmas Jatiluhur dan Puskesmas Kaliabang Tengah.

“Alat penguji tersebut sudah dimiliki di 19 puskesmas di Kota Bekasi dan nantinya akan kami pergunakan untuk menguji kehigienisan makanan berbuka puasanya,” pungkasnya.(adv/gir)

Komentar

News Feed