oleh

UPTD POM Temukan Izin PIRT Lama di sejumlah Retail Modern

KanalBekasi.com – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Dinas Kesehatan Kota Bekasi, menemukan banyak nomor izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) yang lama pada produk olahan makananan di sejumlah retail modern.

Menurut Kepala UPTD POM Dinkes Kota Bekasi, Ansori, nomor izin PIRT lama masih menggunakan 13 digit, sedangkan, kode ijin PIRT yang tertera pada sebuah produk makanan seharusnya 15 digit.

Dari hasil temuan yang dilakukan lewat kegiatan Inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah retail modern di Kota Bekasi, Anshori menilai, banyak Usaha Kecil Menangah (UKM) yang belum memperpanjang izin PIRT.

“Kalau mereka memperpanjang izinnya, tentu akan berubah menjadi 15 digit nomor izinnya,” jelasnya, Jumat (24/5).

Baca Juga: Antisipasi Beredar Produk Kadaluarsa, Puluhan Retail Modern Dipanggil Dinkes Kota Bekasi

Selain ditemukan banyak UKM yang menggunakan nomor izin PIRT lama, UPTD POM Dinkes Kota Bekasi, juga menemukan izin PIRT UKM yang masa berlakukanya sudah habis.

“Begitu juga izin PIRT-nya yang sudah 15 angka tetapi belum diperpajang,” ujarnya.

Menurut Anshori, setiap UKM yang menjual belikan produk makanan harus memiliki legalitas seperti izin PIRT. Pasalnya, barang yang dihasilkan oleh UKM merupakan produk jenis makanan kemasan eceran dan berlabel.

Sayangnya meski banyak ditemukan UKM yang masih menggunakan nomor izin PIRT lama, Dinas Kesehatan melalui bidang POM tidak memberikan sangsi terhadap para pengusaha industri rumah tangga tersebut. Selain itu, sosialisasi terhadap para pelaku UKM yang dilakukan oleh DInas Kesehatan Kota Bekasi juga terbilang minim. Sehingga masih banyak para pengusaha belum mengetahui tentang nomor izin PIRT yang baru.(gir)

Komentar

News Feed