oleh

Daya Tampung Sekolah Belum Maksimal, Kemendikbud Ubah Aturan PPDB

KanalBekasi.com – Menanggapi keluhan daerah yang belum maksimal dalam menampung jumlah calon siswa baru baru melalui jalur zonasi dan jalur prestasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI mengeluarkan Surat Edaran (SE) baru.

Melalui Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Didik Suhardi, mengatakan melihat kondisi beberapa daerah yang belum bisa optimal PPDB tersebut, maka jalur zonasi paling sedikit 80 persen dari daya tampung sekolah.

Selain itu, sambung dia, jalur prestasi pun sebanyak 15 persen dari daya tampung sekolah, sedangkan jalur perpindahan tugas orang tua sebesar 5 persen dari daya tampung sekolah.

“Ada perubahan dari awalnya jalur zonasi 90 persen menjadi 80 persen, jalur prestasi dari 5 persen menjadi 15 persen sedangkan jalur perpindahan orang tetap yakni 5 persen,” katanya.

Baca Juga: Calon Pendaftar Sekolah Negeri Membludak, KCD Imbau Daftar ke Swasta

Terkait hal tersebut maka ada perubahan peraturan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018 tentang penerimaan peserta didik baru pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan dengan menyesuaikan ketentuan sebagaimana di atas.

“Kami juga mengimbau kepada Gubernur, Bupati atau Walikota yang perlu melakukan penyesuaian agar dapat melaksanakan ketentuan tersebut,” pungkasnya.(gir)

Komentar

News Feed