oleh

Menkes: Penyakit ISPA Terbanyak Serang Pemudik

KanalBekasi.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menerima laporan penyakit dari 923 pos kesehatan mudik 2019 di 34 provinsi. Ada 6 jenis penyakit dan ISPA menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh pemudik.

Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA adalah infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia.

Baca Juga: Menkes Minta Pemudik Gunakan Layanan 119 untuk Kondisi Darurat

Menyeri Kesehatan, Nila Moeluk menyampaikan  laporan tersebut berdasarkan akumulasi  Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes. Dari laporan itu, diketahui jumlah ISPA sebanyak 456 orang, lima penyakit lainnya berupa diare 82 orang, gangguan pencernaan 275 orang, hipertensi 287 orang, kardiovaskular 51 orang, dan keracunan 3 orang.

“Jumlah penderita penyakit tersebut didasarkan pada kunjungan pemudik ke pos kesehatan. Pemudik langsung diberikan penanganan medis dan obat-obatan sesuai SOP,” kata Nila, Minggu (9/6)

Menkes mengimbau kepada masyarakat jangan memaksakan diri untuk cepat sampai ke tempat tujuan. Kondisi kesehatan fisik dan psikis harus tetap dijaga agar mudik dan pulsng kembali selamat sampai tujuan.

”Manfaatkan pos kesehatan di rest area dan di tempat lain di jalur mudik. Pastikan kondisi tubuh sehat sebelum menlanjutkan perjalanan,” katanya,

Seperti diketahui, ISPA dapat menular dengan kontak langsung dengan percikan liur penderita, virus juga dapat menyebar melalui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi, atau berjabat tangan dengan penderita. (sgr)

Komentar

News Feed