oleh

‘Kelling’ Program Antisipasi Pungli di Kelurahan Marga Mulya

KanalBekasi.com – Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Bekasi Utara, bertekad menekan terjadinya pungutan liar (Pungli). Melalui program Kelurahan Keliling (Kelling), diharapkan warga khususnya yang tinggal dilingkungan Marga Mulya, terhindar dari segala bentuk pungli.

Sekretaris Kelurahan Marga Mulya, Rizki Nuryanto, mengatakan bahwa program yang baru digulirkan ini, merupakan salah satu upaya menekan aksi pungli dilingkungan warganya.

“Kami menekan pungli melalui Kelling ini,” katanya, Jumat (5/7).

Baca Juga: Jabat Lurah Margamulya, Yudhistira Akan Fokus Hal ini

Dengan fokus melayani warga dengan terjun langsung ke lapangan, warga nantinya bisa melakukan pengurusan domisili, Pembuatan Keterangan (PM1), Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), surat pengantar SKCK, surat pengantar nikah, pembayaran PBB dan ruang konsultasi terkait urusan pelayanan dan pemerintahan Kelurahan.

“Ada beberapa dokumen yang bisa mereka urus disini,” jelasnya.

Baca Juga: Sering Kebanjiran, Warga Protes Keberadaan Apartemen Urbano

Kelling dijalankan dengan cara bergiliran disetiap Rw yang ada di wilayah Kelurahan Margamulya. Nantinya, warga bisa mendapatkan pelayanan Kelling selama 3 hari.

“Tempatnya bergantian disetiap Rw dan program Kelling ini dilaksanan selama 3 hari dimasing-masing Rw lalu bergantian ke Rw lainnya,” paparnya.

Kelling yang dijadwalkan akan dilangsungkan selama 1 bulan tersebut mulai dari Juni hingga awal Juli, nantinya akan dievaluasi secara menyeluruh, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk diluncurkan kembali Kellingnya.

“Program ini bergulir selama 1 bulan dan akan dievaluasi setelahnya,” singkatnya.

Dengan kehadiran Kelling ini, diharapkan bukan hanya membantu warga di dalam kepengurusan dokumen, melainkan juga membantu warga agar lebih efisien dari segi waktu.

“Hal ini sangat membantu warga, karena dari sisi waktu, warga yang rumahnya jauh dari kantor Kecamatan bisa lebih cepat pengurusan dokumennya,” tutupnya.(gir)

Komentar

News Feed