oleh

Satpol PP Kota Bekasi Miliki Dalput

KanalBekasi.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bekasi memiliki Pengendalian Putri (Dalput). Para anggota Satpol PP wanita ini dibentuk untuk melakukan proses negoisasi kepada warga saat terjadi proses eksekusi bangunan liar, penertiban lapak pedagang dan sebagainya di lapangan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bekasi, Abi Hurairah, membenarkan jika Satpol PP Kota Bekasi memiliki Dalput yang beranggotakan Satpol PP Putri yang memiliki kemampuan khusus untuk melakukan proses negoisasi di lapangan saat proses penggusuran bangunan liar dan sebagainya yang berpotensi menimbulkan kerusuhan.

“Iya betul sekali kami memiliki Dalput yang dikhususkan untuk negoisiator,” tuturnya, Jumat (5/7).

Baca Juga: Petugas Satpol PP Medan Satria Tertibkan Baliho Prabowo-Sandi

Kata dia, Dalput tersebut memang memiliki beberapa kriteria, terutama kemampuan di dalam melakukan negoisasi saat menghadapi warga ketika proses penegakkan Peraturan Daerah (Perda) di Kota Bekasi dilakukan.

Sehingga memudahkan kerja para anggota Satpol PP Kota Bekasi saat melaksanakan tugas di lapangan tanpa harus menimbulkan aksi kekerasan.

“Mereka memiliki kemampuan negoisasi tentunya saat tergabung ke dalam Dalput ini,” tambahnya.

Baca Juga: Pos Pantau Satpol PP untuk Jaga Ketertiban Umum

Terpisah, Komandan Kompi Dalmas Satpol PP Kota Bekasi, Rahmat, mengatakan Dalput ini dibentuk sejak beberapa tahun yang lalu saat Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bekasi masih dijabat oleh Bapak Yayan Yuliana beberapa waktu yang lalu.

Untuk anggota Dalputnya sendiri saat ini berjumlah 30 anggota dan ditugaskan di kantor Pemerintah Kota Bekasi serta di Kecamatan Kota Bekasi.

“Mereka akan diterjunkan ke dalam kondisi tertentu dan berpotensi rusuh, jika tidak ada penertiban dan sebagainya, mereka bertugas dimasing-masing tempat yang sudah ditentukan dan yang perlu diingat saat bernegoisasi mereka bergabung dengan polwan,” tegasnya.

Sambung Rahmat, keberadaan Dalput tersebut sangat membantu tugas Satpol PP Kota Bekasi di dalam menegakan Perda sampai saat ini.

“Sangat membantu kami di dalam menjalankan tugas sebagai penegak Perda,” tutupnya.(gir)

Komentar

News Feed