oleh

Siswi SMKN 6 Bekasi Didaulat Jadi Duta Sadar Hukum dan HAM

KanalBekasi.com – Siswi SMKN 6 Bekasi didaulat sebagai Duta Sadar Hukum dam HAM (Hak Asasi Manusia) Provinsi Jawa Barat.

Difiana Husein, siswi kelas 12 jurusan Perbankan dan Keuangan Mikro (PKM) SMKN 6 Bekasi, mengungkapkan bahwa dirinya sangat peduli terhadap persoalan Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Karena itu, sejak duduk dibangku kelas 10, dirinya aktif dalam berbagai kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang dilaksanakan oleh SMKN 6 Bekasi.

Bahkan, untuk menjadi Duta Hukum dan HAM tersebut, dirinya harus melalui serangkaian proses seleksi dan diklat lanjutan.

“Awalnya saya mengikuti Pelatihan Dasar Kepemimpinan, kemudian saya dan sejumlah teman-teman dari sekolah lain langsung ditunjuk menjadi duta tersebut melalui proses seleksi,” katanya, Kamis (11/7).

Baca Juga: Design dan Maket Struktur Jembatan, Siswa SMKN 6 Bekasi Juara Tiga

Setelah melewati berbagai kegiatan diklat, akhirnya Difiana pun resmi diangkat sebagai Duta Sadar Hukum dan HAM pada tahun 2018 yang lalu.

Sosialisasi program tentang hukum dan HAM harus mampu diimplementasikan mulai di lingkungan sekolah hingga tempat tinggal di tingkat Jawa Barat.

“Setelah resmi ditunjukan menjadi duta, saya bersama teman-teman dari sekolah lain gencar melakukan sosialisasi,” tambahnya.

Sebagai wujud nyata Duta Hukum dan HAM, Difiana mengajak kepada seluruh pelajar lainnya untuk sadar dan membudayakan kebiasaan mulai dari hal terkecil dilingkungan sekolah, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan sebagainya.

“Saya kerap mengingatkan hal-hal kecil kepada teman-teman untuk tidak membuang sampah disembarang tempat, karena hal ini juga melanggar hukum yang sudah dibuat tentang larangan membuang sampah,” tegasnya tersenyum.

Dan sebagai puncaknya, Difiana merupakan satu-satunya siswi yang mewakili pelajar dari Kota Bekasi sebagai Duta Hukum dan HAM. Ia pun berkesempatan mendampingi Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, saat meresmikan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi di Kota Bekasi, pada Rabu (10/7), kemarin.

“Alhamdulillah, dari Kota Bekasi, saya ditunjuk sebagai wakil Duta Sadar Hukum dan HAM untuk mendampingi Pak Menteri kemarin,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang tenaga pendidik SMKN 6 Bekasi, Indah, mengaku cukup bangga dengan keberhasilan salah satu anak didiknya yang mampu menjadi Duta Sadar Hukum dan HAM di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Selain mampu mengedukasi para siswa-siswi di lingkungan sekolah mengenai pentingnya hukum dan HAM, Difiana telah mengharumkan nama sekolah dan Kota Bekasi di tingkat Jawa Barat.

“Tentu sangat bangga sekali karena mampu mengharumkan nama sekolah dan Kota Bekasi,” tukasnya.(gir)

Komentar

News Feed