oleh

Wali Kota Bekasi Hadiri Rakernas APEKSI ke-14 di Kota Semarang

KanalBekasi.com – Dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia(APEKSI) ke-14 yang diselenggarakan di Kota Semarang dari 3-6 Juli 2019, diharapkan akan membawa dampak positif bagi kerjasama antar daerah se-Indonesia. Hal itu diungkapkan Airin Rachmi Diani selaku Ketua Dewan Pengurus APEKSI dalam sambutaanya dihadapan 98 perwakilan daerah yang mengikuti kegiatan di Ballroom PO Hotel Semarang.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi hadir dalam Rakernas tersebut didampingi Asisten Pemerintahan, Hudy Widiyanto, Asisten Administrasi Pembangunan, Makbullah, Kepala Inspektorat, Widodo Indrijantoro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yayan Yuliana, Kepala Disdukcapil, Taufik R, Sekretaris Tata Ruang, Dzikron, Kepala Bagian Kerja Sama, Nevindo dan Kepala Bagian TU Setda, Fitri Widyati.

Baca Juga: Jokowi Minta Banyak Tenaga PNS Teknis di Tiap Daerah

Ketua Apeksi, Airin Rahmi Diani sekaligus menjabat sebagai Wali Kota Tangernag Selatan menambahkan bahwa dalam RAKORNAS ini akan menampung berbagai usulan dari masing-masing anggota APEKSI untuk selanjutnya disampaikan ke kementrian terkait. Selanjutnya dewan pengurus akan melaksanakan diskusi dengan Kementrian PAN RB tentang penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah untuk mendukung professionalitas aparatur dan kemandirian daerah.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa setiap kepala daerah pasti memiliki inovasi yang hebat. Smart City sudah identik dengan kemudahan, dan kecepatan serta membuat masyarakat terlayani dengan cepat.

Lebih lanjut Ganjar menambahkan, sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa setelah pelaksanaan pemilihan Presiden RI dan Calon Legislatif, pemerintah harus membuat lompatan ekonomi yang tinggi. Infrastruktur yang sudah dibangun, difungsikan dan dimanfaatkan untuk percepatan ekonomi. Insentif kepada investor harus didorong untuk mempercepat investasi masuk ke daerah.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Walikota dan Wakil Walikota, serta jajaran terkait dalam melaksanakan Pilkada serentak, Pileg dan Pilpres serentak yang berjalan secara demokratis aman dan tertib.

Mendagri menambahkan, APEKSI harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar di 93 Daerah Otonom dan 5 Daerah Administratif untuk mengambil langkah penyesuain terkait rancangan RPJMN 2020-2025 sebagai penjabaran visi misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam rancangan perubahan RPJMD masing-masing daerah.

Acara dilanjutkan dengan hiburan seni tari tradisional dari Pemerintah Kota Semarang, dan dihibur oleh Komedian Cak Lontong. (hms/sgr)

Komentar

News Feed