oleh

13 Perguruan Tinggi Swasta Raih Akreditasi A

KanalBekasi.com – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menteri Ristekdikti), Mohamad Nasir, terus mendorong perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri ataupun swasta agar dapat meningkatkan kualitasnya untuk memperoleh akreditasi A.

Menristekdikti mengungkapkan hal ini merespons tantangan dan peran perguruan tinggi dalam menghadapi era industri 4.0.

“Saya mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitasnya, baik swasta maupun negeri. Hal ini merespons tantangan dan peran perguruan tinggi dalam menghadapi era industri 4.0,” kata Nasir, Senin (23/9)

Baca Juga: USAID Gelontorkan Rp 45 Milyar untuk Smart City Jawa Barat

Pada kesempatan tersebut, Menristekdikti menyebutkan, dibandingkan awal masa pemerintahannya terjadi lompatan jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang telah meraih akreditasi A. Ia menyebutkan saat ini sudah ada 96 perguruan tinggi di Indonesia yang telah meraih akreditasi A, 13 di antaranya merupakan perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Lebih lanjut, Menristekdikti berharap kampus dapat menjadi penggerak inovasi membangun negeri, dan SDM dan IPTEK yang dihasilkan akan menjadi kekayaan yang tidak ternilai menjadi modal bangsa dalam percaturan global di era industri 4.0.

Beberapa Perguruan tinggi yang mendapat akreditasi adalah perguruan tinggi negeri misalnya Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran. Sementara itu Universitas swasta antara lain Univeritas Bina Nusantara, Universitas Atmajaya, Universitas Parahyangan dan Universitas Telkom

“Terdapat pula fitur penilaian masing-masing universitas yang berguna untuk menentukan peringkat universitas terbaik. Fitur yang digunakan yakni “Smart Score” dan Smart Ratio,” tukas Nasir

Sebagai informasi Smart Score adalah Penilaian universitas berdasarkan 8 aspek/indikator, beberapa diantaranya adalah Webo Country, Webo World, 4icu, QS, Fasilitas Kampus, dan lain sebagainya. Sedangkan Smart Ratio ratio dihitung berdasarkan jumlah dosen vs jumlah mahasiswa di universitas. (sgr)

Komentar

News Feed