Politisi PAN Beri Raport Merah Untuk Setahun Kinerja Rahmat Effendi

  • Whatsapp
Anggota DPRD asal PAN ketika di acara diskusi Rukun Jurnalis Bekasi

KanalBekasi.com – Kinerja setahun pemerintahan Walikota terpilih Rahmat Effendi – Tri Adhianto disikapi politisi asal Partai Amanat Nasional, Aminah. Menurutnya kinerja Rahmat Effendi dan wakilnya belum mampu mengembalikkan kondisi Kota Bekasi yang mengalami defisit anggaran.

“Sejak dilantik 20 September 2018 Walikota terpilih  belum ada  gebrakan yang signifikan saya kira,” kata Aminah, Kamis (26/9)

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Dewan PAN Soroti Anggaran TKK yang Capai 900 Miliar Pertahun

Aminah menambahkan beberapa sektor penyebab defisit sebenarnya bisa diantisipasi. Kartu Sehat misalnya sudah mengalami beberapa kali evaluasi dengan mengubah ke sistem rujukan. Ia menilai belum ada evaluasi secara terperinci tentang Kartu Sehat yang konon menjadi penyumbang terbesar defisit Kota Bekasi.

“Kartu sehat belum pernah ada evaluasi secara mendetail mengapa bisa mengalami defisit dan evaluasinya harus bagaimana,” terangnya

Diketahui krisis keuangan yang dialami Pemerintah Kota Bekasi pada 2018 menyisakan utang senilai Rp 300 miliar lebih untuk ditutup pada kuartal awal 2019. Seluruh pegawai, baik aparatur sipil negara maupun non ASN, didorong untuk langsung bekerja keras sejak Januari 2019 bergulir.

Wali Kota Rahmat Effendi mengklaim, kekurangan dana untuk pembiayaan program-program Pemkot Bekasi berhasil ditekan sepanjang Desember 2018. Semula perkiraan akan kurang Rp 470 miliar, tapi berkat upaya terus-menerus aparatur hingga penutupan tahun, angkanya bisa ditekan hingga hanya Rp 300 miliar lebih.

Saat itu Rahmat menginstruksikan memaksimalkan sektor yang perlu digenjot, semisal parkir, penataan ruang, pajak bumi dan bangunan (PBB) dan lainnya

Raport merah, sambung Aminah, pantas diberikan Rahmat effendi dan Tri ahianto. Karena lagi-lagi masalah defisit anggaran belum terjawab. Namun soal pembangunan Infrastruktur diakui sudah baik walaupun belum sampai masuk ke kampung-kampung

“Soal kinerja setahun point nya lima,” pungkasnya.(sgr/Adv)

Pos terkait