oleh

Tiga Polres Sudah Gunakan Smart SIM

KanalBekasi.com – Kepala Korps Lalu lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Redfi Andri mengatakan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) atau SIM Pintar telah diberlakukan di 3 Polres wilayah hukum Polda Banten, diantaranya Polres Serang Kota, Polres Lebak dan Polres Cilegon.

“Untuk wilayah Polda Banten sendiri yang sudah siap sarana-prasarana dan aplikasinya yaitu Polres Serang Kota, kemudian Polres Lebak, dan Polres Cilegon,”kata Redfi, Senin (30/9)

Baca Juga: Kamera Tilang Elektronik Akan Terpasang di Seluruh Jalur Busway

Sementara tiga polres lainnya yakni Tangerang, Serang, dan Pandeglang akan menyusul secepatnya jika aplikasi, sarana, serta prasarananya sudah siap. Smart SIM bisa berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik, seperti transaksi e-Toll dan pembayaran elektronik di beberapa supermarket. Hari pertama penerapan Smart SIM, sebanyak 113 kartu diterbitkan.

“Masa berlaku SIM lama dengan Smart SIM masih sama 5 tahun tapi bukan dari tanggal lahir pemilik SIM tapi dari tanggal pembuatan” imbuhnya

Kemudian, Smart SIM juga merekam segala pelanggaran yang dilakukan pemegang SIM secara elektronik dan pada sistem Korlantas.

Refdi mengatakan, hal itu dapat dijadikan evaluasi sekaligus menerapkan sistem reward and punishment kepada pengemudi.

Kendati demikian, ia belum merinci lebih jauh perihal penghargaan apa yang dapat diberikan kepada pengemudi yang taat berlalu lintas.

“Kita bisa melakukan evaluasi secara lebih baik tentang perilaku pengemudi, kemudian pada saatnya juga kita bisa melakukan penghargaan terhadap pemegang SIM yang tidak melakukan pelanggaran,” ucap dia.

Terakhir, kartu tersebut dapat digunakan sebagai alat pembayaran tol dan sebagai uang elektronik. Para pemegang SIM dapat mengisi saldo kartu hingga maksimal Rp 2 juta. (sgr)

Komentar

News Feed