oleh

Tingginya Angka Pengangguran Masih Jadi PR Pemkot Bekasi

KanalBekasi.com – Tingginya angka pengangguran di Kota Bekasi masih menjadi pekerjaan rumah yang belum selesai. Walikota Bekasi, Rahmat Effendi pernah menargetkan akan mengatasi masalah pengangguran dengan memfasilitasi 150 ribu pengangguran hingga tahun 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Sudirman mengatakan masih berupaya mengejar angka pengangguran yang mencapai 251 ribu orang.

Baca Juga: 4800 Lulusan Baru di Kota Bekasi Mencari Pekerjaan

Tingginya angka tersebut menurutnya karena Kota Bekasi adalah salah satu tujuan urbanisasi. Selain itu tentunya adanya lulusan baru yang akan masuk dunia kerja.

“Pelatihan di cevest tetap kita maksimalkan, hanya saja bila dihitung angka lulusannya tidak akan terkejar dari target,” katanya, Jum’at (13/9)

Disnaker Kota Bekasi  masih mengintensifkan program pendidikan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK). Hal tersebut sejalan dengan visi Kementerian Perindustrian yang menegaskan bahwa satu di antara tiga aspek yang menunjang pertumbuhan industri di Indonesia adalah pendidikan vokasi. Selain aspek lain yakni perkembangan teknologi dan peningkatan investasi.

Sudirman menambahkan pelatihan kerja hasil kordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja tersebut hanya sanggup menampung 3.500 peserta pelatihan

Sementara itu, terkait kartu Prakerja yang pernah dijanjikan Presiden Jokowi saat masa kampanye Sudirman mengatakan hingga saat ini belum ada sosialisasi lebih lanjut.

Namun menurutnya, Kartu Prakerja seperti yang dijanjikan Jokowi di masa kampanye harus diperjelas teknis penggunaannya

“Sosialisasi kartu Prakerja belum ada hingga kini,” terang Dirman

Sebagai informasi Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Cevest Bekasi telah mengadakan pelatihan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi, Teknisi Elektronika, Regrigeeation, dan Perhotelan.

Diharapkan BBPLK  mampu menjawab permasalahan pengangguran di Kota Bekasi yang mencapai 251 ribu orang. Berdasarkan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran di Kota Bekasi yakni 9,3 persen, lebih tinggi dari presentase pengangguran nasional yaitu 5,34 persen.(sgr)

Komentar

News Feed