oleh

Cegah Pungli, Kemenhub Akan Terapkan Jembatan Timbang Online

KanalBekasi.com – Penerapan tilang elektronik bagi truk bermuatan lebih akan diberlakukan. Pemberlakuan ini dalam hal menghindari pungli yang disinyalir sudah lama terjadi. Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi siap menerapkan sistem berbasis online (E-Tilang) untuk truk yang membawa muatan berlebihan.

Sistem ini, jelas Budi, tengah diupayakan agar tidak ada lagi kecurangan dan mempersempit ruang gerak oknum yang kerap meminta pungutan liar atau pungli dari sopir truk.

Baca Juga: Kemenhub Pasang Alat Cegah Truk Overload Melintas di Tol

“Kami laukan cara kerja di jembatan timbang dari konvensional ke online, karena paradigma jembatan timbang yang merupakan sarang pungli,” kata Budi, Kamis (10/10)

Nantinya aplikasi timbangan online ini akan bekerja secara sistem bukan melalui SDM. Bila terdapat aturan yang dilanggar dan terkena tilang maka pelanggar akan melakukan pembayaran melalui Bank langsung.

“Jadinya semuanya akan melalui aplikasi dan tidak ada sentuhan langsung dari SDM kami di lapangan. Pelanggaran dibayar langsung melalui bank,” tegasnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, Kemenhub terus akan melakukan inovasi, pihaknya akan terus berusaha menghilangkan stigma negatif di masyarakat. Kepercayaan itu tentunya akan berdampak dari lancarnya administrasi kendaraan komersial yang beroperasi sesuai standar keselamatan. Penerapan E-Tilang untuk truk sendiri rencananya akan mulai diterapkan pada 2020. (sgr)

Komentar

News Feed