BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat dan Kilat di Jabodetabek

  • Whatsapp
Ilustrasi: Hujan lebat dan angin kencang

KanalBekasi.com – Badan Meteorogi klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya potensi hujan lebat, angin kencang, kilat/petir dalam tiga hari kedepan antara tanggal 6-8 November 2019 di bbrp wilayah Indonesia.

BMKG mengatakan terdapat massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Sumatera, Kaltara, Kalbar, Kalteng, Sulteng, Gorontalo, Papua Barat & Papua. Sdngkan daerah yg memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Aceh, Sumut, Kaltara, Papua Barat & Papua

Bacaan Lainnya

Baca Juga: BMKG: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jabodetabek

Dalam keterangan tertulisnya yang dipublikasikan, Rabu (6/11) BMKG menyebut terdapat Siklon Tropis Nakri di Laut Cina Selatan bagian utara. Sirkulasi siklonik di Vietnam (level 925/850 hPa), dan di Papua (level 925 hPa).

Pada hari ini (6/11) wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Utara. Sementara untuk esok (7/11) wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Kalimantan Utara.

Sedangkan untuk lusa (8/11) wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah Sumatera Utara, Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur.

Kemudian wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir pada hari ini (6/11) Aceh, Riau, Papua.

BMKG juga menyebut untuk esok (7/11) wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir yaitu Aceh, Jambi, Papua. Sementara untuk lusa (8/11) wilayah yang masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir ialah Aceh, Jambi, Jabodetabek, dan Papua.

BMKG terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut. (sgr)

Pos terkait