oleh

Cegah Faham Radikal, Rekam Jejak Pendaftar CPNS di Medsos Ditelusuri

KanalBekasi.com – Guna mewaspadai dan mengantisipasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang anti-Pancasila, KemenPAN-RB menggandeng Polri. Sekretaris Kemenpan-RB, Dwi Wahyu Atmaji dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Kementerian PAN RB akan memastikan rekam jejak para CPNS 2019.

 “Kami (KemenPAN-RB) sudah minta kepolisian sebetulnya ya untuk mengeluarkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) itu kalau bisa sudah mempertimbangkan aspek itu,” katanya, Kamis (14/11)

Baca Juga: 114 Ribu Lowongan CPNS Dibuka Mulai 11 November

Nantinya, panitia seleksi dari masing-masing instansi juga akan menelusuri dan memantau rekam jejak media sosial para peserta CPNS 2019. Penelusuran aktifitas medsos para CPNS itu sangat lah penting. Tujuannya apakah mereka cenderung mengunggah hal-hal berbau anti-NKRI atau tidak.

Sebelumnya di tempat yang sama, sebanyak 11 kementerian dan lembaga meluncurkan portal bernama aduanasn.id yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk mengadukan adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyimpang.

Kesebelas kementerian dan lembaga itu adalah KemenPAN-RB, Kemenko Polhukam, Kemendagri, Kemenag, Kemenkominfo, Kemendikbud, Kemenkum HAM, BIN, BNPT, BPIP, BKN. Penandatanganan disaksikan langsung oleh KPK dan KASN.

Dalam kesempatan itu, Menkominfo Johnny G Plate berharap adanya apliasi aduanasn.id itu bisa memfasilitasi masyarakat untuk mengadukan ASN jika melakukan sikap menyimpang. Namun, laporan pengaduan harus diperkuat data dan fakta akurat.(sgr)

Komentar

News Feed