oleh

Gelar Media Gathering, Bawaslu: Media Punya Peran Penting Dalam Pengawasan Pemilu

KanalBekasi.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi menggelar Media Gathering bersama para insan pers. Puluhan pewarta dari berbagai media dan organisasi wartawan menghadiri acara yang bertujuan sebagai ajang evaluasi dan silaturahmi pasca pelaksanaan Pemilihan legislatif dan Pemilihan Presiden beberapa waktu lalu.

Kegiatan dibuka langsung secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto, dan dirangkai dengan pemaparan dan pengarahan peran media massa dalam penyelenggaraan Pemilu 2019. Bertempat di Pondok Wisata Hobi-hobi, jalan Raya Hankam, Jati Rahayu, Pondok Gede, Kota Bekasi pelaksanaan gathering dibuka langsung oleh Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Tomy Suswanto.

Baca Juga: Bawaslu Kota Bekasi Banyak Terima Laporan Kecurangan Pemilu

Tomy mengapresiasi kesuksesan pesta demokrasi kemarin tidak terlepas dari peran rekan-rekan jurnalis sebagai sahabat selama pelaksanaan Pemilu. Sehingga Bawaslu dapat mengawal pesta demokrasi  hingga terjalin sinergitas yang baik.

“Sahabat-sahabat media  memberi sinergitas positif pada hajatan demokrasi kemarin sehingga pesta demokrasi kemarin berjalan baik,” tutur Tomy, Sabtu (23/11)

Tomy mengatakan perlu nyali besar dalam mengawal proses pemilu yang berjenjang karena para kontestan berusaha mendapatkan hasil terbaik. Sehingga berbekal keberanian tersebut Bawaslu dan Media Massa mampu mengawal proses hukum para pelaku pelanggaran pesta demokrasi yang cukup marak dalam pemilu kemarin.

“Penanganan proses pelanggaran pemilu kemarin dilakukan secara prosedural namun tidak mengesampingkan pengawasan,” tutur Tommy.

Hal ini berdampak positif dengan diraihnya penghargaan Bawaslu Kota Bekasi terkait dengan kemudahan akses terbaik di tingkat nasional. Maka harapan kedepannya Bawaslu setiap melakukan event-event akan terus bersinergi dengan para jurnalis di Kota Bekasi sehingga program – program akan tersosialisasi kepada publik.

“Peran media penting sebagai kontrol di lapangan, karena Bawaslu tidak akan dapat maksimal bila hanya mengandalkan personel yang ada, semua laporan pelanggaran kami temui selain laporan dari masyarakat juga ada peran media,” tukasnya

Dalam sesi selanjutnya dilakukan pembahasan terkait  penyampaian evaluasi penanganan dan pelanggaran pemilu, evaluasi proses sengketa pemilu, evaluasi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), serta dukungan sekretariat pada pelaksanaan Pemilu 2019. (sgr)

 

Komentar

News Feed