oleh

Kelompok Teroris JAD Dibalik Teror Bom Medan

KanalBekasi.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menerangkan, kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) diketahui telah mempersiapkan Rabbial Muslim Nasution (RMN) sebagai pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan.

“Dalam proses investigasi, pemeriksaan terhadap beberapa orang terdekat tersangka, baru terungkap siapa-siapa yang berperan mempersiapkan RMN melakukan suicide bomb,” ungkap Dedi, Selasa (19/11)

Baca Juga: Pelaku Penyerangan Wiranto Kelompok JAD Bekasi

Dirinya menyebut, terdapat dua anggota JAD dengan pimpinan berinisal Y alias Yasir alias Anto, yang mempersiapkan bom untuk RMN. Keduanya berinisial NP dan K alias Khoir.

Ketika pengembangan kasus, NP dan K menyerang Tim Densus 88 Antiteror menggunakan senjata tajam dan airsoft gun.

Petugas pun menembak mati keduanya. Sementara satu anggota terkena sabetan senjata tajam di tangan dan bagian belakang tubuh.

“Dua yang meninggal ini memiliki kualifikasi merakit bom,” ungkap Dedi.

Termasuk juga istri dari RMN berinisial DA yang merupakan anggota JAD. Saat ini, total 23 terduga teroris yang terkait dengan bom bunuh diri di Polrestabes Medan sudah ditangkap.

“Beberapa orang mengetahui langsung, disiapkan, digunakan, untuk bagaimana bom itu dimasukkan dan digunakan untuk melakukan serangan teroris berupa bom bunuh diri,” ujarnya menambahkan.

Diberitakan sebelumnya, empat terduga teroris anggota kelompok serangan bom bunuh diri di Polrestabes Medan, Sumatera Utara menyerahkan diri. Dedi menyampaikan, keempatnya berinisial W alias Yunus, DS, IF, dan DS alias Hendro. Mereka menyerahkan diri ke Polsek Hamparan Perak. (sgr)

Komentar

News Feed