oleh

Menghindari Wajah Menua dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

-HEADLINE, KESEHATAN-28.738 views

KanalBekasi.com – Wajah yang menua bisa diakibatkan karena gaya hidup, pola makan, dan lingkungan. Hal tersebut kerap terjadi terutama pada pria dan wanita yang tidak menjaga metabolisme tubuh dengan baik.

Seprti disosialisasikan dari laman Kementerian Kesehatan RI, sayuran dan buah berwarna terang kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel kulit. Contohnya sdalah sayuran hijau, tomat, wortel, semangka, alpukat, dan blueberry. Tidak hanya itu, buah anggur juga banyak mengandung antioksidan, yang mampu menurunkan risiko penuaan dini pada kulit.

Baca Juga: Banyak Beredar Izin Produk Olahan Makanan Salah di Retail Modern

Selain itu mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C dan E sebagai antioksidan juga dianjurkan guna melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, vitamin C dibutuhkan untuk membentuk kolagen yang membuat kulit tetap kenyal. Untuk memaksimalkan efek vitamin C dan vitamin E pada kulit, anda bisa menggunakan pelembap yang mengandung kedua vitamin tersebut.

Selain itu mengkonsumsi Ikan yang kaya Omega dalam makanan laut, seperti ikan kembung, tongkol, sarden, dan tuna, membantu mengobati peradangan kronis, meningkatkan mood, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Jadi, usahakanlah mengonsumsi ikan setidaknya 2 porsi setiap minggu.

Omega 3 tidak hanya dapat ditemukan pada hewan, tapi juga pada tumbuhan, seperti kenari, flaxseed, telur, dan minyak kanola. Konsumsilah juga jenis-jenis makanan ini untuk mencukupi asupan omega 3 Anda.

Selain itU, mengonsumsi makanan utuh bisa menurunkan risiko kerutan dan penuaan dini pada kulit. Contoh makanan utuh yang dianjurkan adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, telur, yogurt, minyak dengan kandungan lemak sehat, dan nasi merah. Para ahli percaya bahwa manfaat makanan utuh untuk awet muda adalah berkat kandungan antioksidan, fitokimia, dan lemak sehat di dalamnya. (sgr)

 

Komentar

News Feed