Kemenkes Siapkan Layanan Darurat 119 untuk Pemudik Nataru

  • Whatsapp
Kemenkes menyiapkan tenaga kesehatan saat libur Natal dan tahun baru

KanalBekasi.com – Menghadapi libur Natal dan tahun baru (nataru) 2020, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Bambang Wibowo, mengatakan telah menjalin kerjasama lintas sektor untuk menciptakan kondisi mudik yang aman dan nyaman.

”Untuk mudik kami bekerjasama dengan Kemenhub, PUPR, TNI/Polri, dan stakeholder yang lainnya,” kata Dirjen Bambang, Kamis (26/12)

Muat Lebih

Baca Juga: Kemenkes Punya Sistem Pencegahan Penularan Penyakit Berbasis Android

Bambang menambahkan bahwa sebagai leading sector bidang kesehatan, Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan langkah siaga guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama libur Nataru.

”Kalau dari sisi kesehatan, kita mementingkan promotif preventif untuk mengedukasi masyarakat, kemudian layanan emergency lewat 119 baik layanan konsultasi maupun ambulans, menyiapkan pos kesehatan dan RS untuk rujukan,” imbuhnya.

Ia membahkan bahwa layanan kesehatan tersebut telah tersedia di jalur mudik dan beroperasi selama 24 jam, diharapkan dengan adanya layanan tersebut semakin mempercepat layanan kesehatan terutama dalam kondisi darurat.

”Pos kesehatan tersedia baik di jalur tol maupun non tol, seluruhnya terintegrasi dengan pos yang disiapkan Kemenhub, PUPR, TNI/Polri,” tuturnya. (sgr)

Pos terkait