Pengidap HIV di Kota Bekasi Dapat Berobat di Rumah Sakit Ini

  • Whatsapp
Ilustrasi

KanalBekasi.com – Angka pengidap HIV/Aids di Kota Bekasi terbilang tinggi. Dinas Kesehatan Kota Bekasi mencatat ada 5.142 penderita HIV dan 1.406 penderita Aids di Kota Bekasi selama kurun waktu 2008 hingga pertengahan 2019. Data tersebut menunjukkan jumlah pengidap HIV/Aids di Kota bekasi tertinggi ketiga setelah Kota Bandung dan Kota Bogor

Meski demikian Dinkes mencatat terjadi penurunan pada tiap tahunnya misal terdapat 554 kasus pada 2017. Sedangkan pada tahun 2018 terdapat 360 kasus.

Muat Lebih

Baca Juga: Hari Aids, Wawali Ingatkan Penyebaran HIV di Kota Bekasi Tinggi

Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Sumpono Brama mengatakan angka tersebut baru yang terdata, karena biasanya pengidap HIV/Aids jarang ada yang melaporkan. Dinkes mendapat angka tersebut dari kegiatan tes HIV yang dilakukan.

“Kami melakukan cek kesehatan melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang melibatkan 42 Rumah Sakit Swasta dan 8 RS Pemerintah,” kata Brama, Jum’at (6/11)

Ia menambahkan penjaringan terbanyak para pengidap HIV/Aids penjaringan terbanyak yaitu dari kegiatan test HIV melalui kegiatan mobile VCT yg dilakukan oleh Puskesmas sekota Bekasi yang dibantu oleh LSM Penjangkau yg ada di Kota Bekasi seperti Gaya Patriot Bekasi, Grapiks Bekasi, dan Rumah Sebaya. Bersama mereka kita menjangkau lokasi-lokasi populasi resiko tinggi seperti Tempat hiburan malam, karaoke, panti pijat, Spa dan tempat-tempat lainnya.

“Dari hasil kunjungan tersebut  dilakukan tes HIV dan diantaranya ditemukan positif HIV,” tukasnya

Nantinya, sambung Bram, Dinkes akan merujuk mereka melalui fasyankes PDP (Perawatan Dukungan Pengobatan) yang ada di Kota Bekasi. Saat ini layanan PDP yang ada diantaranya RSUD Chasbullah Abdul Majid, RS Ananda Bekasi dan Rs Elishabet. Selain itu untuk Meningkatkan layanan Pengobatan ARV yang ada di kota Bekasi, Dinkes juga telah  mengajukan Usulan layanan PDP baru ke Kementrian Kesehatan Melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

“Yang telah diajukan diantaranya RS Hermina Bekasi, Puskesmas Karang Kitri, Puskesmas Jatisampurna dan Puskesmas Pengasinan,” Jelasnya.(sgr)

Pos terkait