Kejar Musim Haji 2020, Pekerjaan Tol Cisumdawu Dipercepat

  • Whatsapp
Ilustrasi

KanalBekasi.com – Keputusan penggunaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, Jawa Barat harus didukung pula oleh kemudahan akses untuk menjangkaunya, terutama dari lokasi asrama haji, di Bekasi.

Untuk itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan mempercepat pembangunan jalan tol Cisumdawu yang saat ini tinggal beberapa kilometer lagi akan selesai. Deskripsi jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) adalah sebuah jalan tol sepanjang 62,60 kilometer bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Tol Layang Japek dan Cipali Jadi Perhatian Kemenhub Jelang Nataru

Cisumdawu itukan masalahnya masih di pembebasan lahan, tinggal beberapa kilo meter saja, akan kita percepat,” jelas Menteri PUPR Basuki, Kamis (15/20)

Ia menegaskan tahun ini Tol Cisumdawu akan ditargetkan selesai. Kalaupun tidak selesai maka akan dibuatkan jalur alternatif, yakni jalan tingkat Kabupaten untuk menuju ke BIJB. Jalan alternatif itu juga nantinya akan diperlebar agar lebih nyaman bagi kendaraan yang melintas.

“Kami sudah petakan itu, akhir tahun ini harus selesai, tapi kalau kepastian Cisumdawu, tahun depan pasti sudah selesai,” jelasnya

Seperti diketahui, Kementerian Agama RI sudah mengeluarkan SK untuk BIJB agar dapat digunakan sebagai embarkasi dan debarkasi haji khususnya asal Jawa Barat tahun 2020. Ada 87 kloter haji yang akan diberangkatkan dari BIJB. Haji akan mulai terbang pada Juni 2020 mendatang.(sgr)

Pos terkait