Mahasiswa Riau Menangi Lomba Logo HUT Kota Bekasi ke 23

  • Whatsapp
Pemkot Bekasi merilis Logo Hut Kota Bekasi ke 23. Sekalgus mengumumkan pemenang lomba logo HUT Kota Bekasi

KanalBekasi. com – Zulkifli seorang mahasiswa asal Riau memenangkan lomba logo menyambut HUT ke 23 Kota Bekasi. Karyanya berhasil menyisihkan ratusan peserta lainnya yang masuk ke tim juri.

Ketua Dewan Juri, Harun Al Rasyid mengatakan Lomba logo Kota Bekasi diikuti 181 peserta dari berbagai daerah dengan karya logo mencapai 397 desain. Setelah melalui proses seleksi, Zulkifli menyisihkan lima finalis lainnya. 

Baca Juga: Pidato 22 Tahun Kota Bekasi, Rahmat Effendi Bicara Capaian Kerja

Juri bekerja, selama seminggu sebelum menetapkan pemenangnya. Sistem penilaianya memakai nomor peserta, sebagai upaya menjaga independensi, jadi juri tidak mengetahui latar belakang pengirim dari mana,” ujarnya, Senin (17/20)

Pemenang desain logo tersebut telah menandatangani pernyataan jika karyanya adalah orisinal. Sebelumnya, hasil logo juga sudah dipresentasikan di depan dewan juri terkait logo yang dinyatakan menang tersebut.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, kata Harun telah menilai karya Zulkifli. Menurutnya logo buatan Zulkifli simpel, dan memenuhi kriteria bila diaplikasikan ke baju, banner dan lainnya. Nantinya, logo milik Zulkifli tersebut akan dipakai oleh Kota Bekasi selama satu tahun ke depan.

Terdapat lima tema yang diusung dalam HUT Kota Bekasi ke-23. Ada lima unsur penilaian pertama orisinalitas, relevansi logo dengan tema, dan unsur estetika,” tukasnya

Sebelum memenangkan Zulkifli, terdapat 30 karya dari ratusan desain logo yang masuk, kemudian mengerucut jadi lima karya, dikerucutkan lagi jadi tiga hingga hanya ada satu karya yang dinyatakan menang

Angka 23 sendiri mempresentasikan tema HUT-23, warna gradasi merah dan kuning lambang energi dan semangat, warna biru dan ungu lambang ketenangan, warna hijau lambang kesuburan, bentuk ombak lambang bahwa perhatian pada kesejahteraan.

“Saya menyesuaikan dengan tema saja, pertama dinamis dan kemajuan tentang Kota Bekasi,” ujar Zulkifli usai launching logo HUT Kota Bekasi ke 23.

Zulkifli mengaku belajar desain secara otodidak, dan karya yang dimenangkan oleh tim juri lomba logo HUT Kota Bekasi ke-23 merupakan karya keduanya dalam mengikuti perlombaan.

Dia mengaku, sebelum membuat desain, dia banyak membaca soal Kota Bekasi, dari sejarah hingga kemajuan yang ada di wilayah perbatasan antara Jakarta dan Jabar tersebut.

Sebagaimana diketahui Dinas Kominfo Kota Bekasi, mengatakan lomba desain logo tersebut berhadiahkan Rp20 juta dipotong pajak. Hari ulang tahun (HUT) ke-23 akan dilaksanakan pada 10 Maret 2020.(sgr)

Pos terkait