Kadis LH Sakit Tifus Sebelum Positif Corona, Dokter: Gejalanya Mirip

  • Whatsapp
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Yayan Yuliana

KanalBekasi.com – Kota Bekasi menjadi salah satu dari 9 Kota di Jawa Barat yang masuk zona merah penyebaran Covid-19. Hingga saat ini diinformasikan 160 orang berstatus ODP, 82 PDP dan 15 orang dinyatakan Positif.

Berita terbaru dikabarkan Kepala Dinas Lingkungan Kota Bekasi  Yayan Yuliana dinyatakan Positif Covid-19. Sebelumn dikabarkan Positif Covid-19 Yayan dikabarkan mengikuti kegiatan Walikota Bekasi Rahmat Effendi ke Gorontalo. Sepulang dari agenda tersebut ia dikabarkan sakit Tifus. Ia kemudian menjalani perawatan di rumah sakit.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Pasien TBC Mudah Terinfeksi Corona

Lalu, benarkan gejala tifus bisa serupa dengan gejala Covid-19? Salah seorang dokter di salah satu Rumah Sakit di Bandung, Dokter Debby Waldi mengatakan bisa saja gejala tifus serupa dengan Covid-19

“Corona virus kan juga demam disertai leukosit turun,¬†bisa juga perut terasa tidak enak, gejala ini juga ada di typus (typhoid fever), jadi memang mirip,” katanya Minggu, (29/3)

Pada umumnya, masa inkubasi bakteri penyebab tifus adalah 7-14 hari, namun bisa lebih pendek yaitu sekitar tiga hari, atau lebih panjang hingga 30 hari. Masa ini dIhitung dari saat bakteri masuk ke dalam tubuh sampai menimbulkan gejala awal.

Debby menjelaskan gejala seseorang yang terpapar virus Corona biasanya juga disertai batuk dan biasanya batuk kering, jadi memang gejalanya hampir sama. Untuk itu diperlukan tes lainnya untuk memastiin apakah gejala tifus atau Covid-19.

“Harus dilakukan pemeriksaan Corona dari lab (rapid tes PCR) swab dahak, torax dan pemeriksaan darah baru nanti bisa terlihat,” pungkasnya. (sgr)

Pos terkait