Walikota Akan Sanksi RS jika Tolak Pasien Diduga Corona

  • Whatsapp
Walkota Bekasi Rahmat Effendi ketika melakukan sidak di RSUD Kota Bekasi
KanalBekasi – Langkah antisipasi penyebaran pandemi Covid-19 terus dilakukan jajaran Pemkot Bekasi. Kebijakan Work From Home (WFH) dan meliburkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk semua jenjang pendidikan Paud hingga Perguruan Tinggi juga sudah dilakukan berdasarkan instruksi pemerintah pusat.
Walikota Bekasi Rahmat Effendi menegaskan akan melakukan langkah-langkah strategis dalam melakukan pencegahan dan antisipasi bila ada pasien yang harus diisolasi.
“Kita sudah siapkan di RSUD Chasbullah ada 8 bed, di RS lainnya seperti RS Ananda, RS Hermina, RS Awal Bross dan RS Mitra Keluarga, pekan depan sdh ada 40 bed baru,” kata Rahmat, Kamis (19/3)
Jadi di Rumah Sakit tersebut sudah melakukan antisipasi dan ada ruangan khusus untuk melakukan isolasi bila ada pasien yang harus dilakukan perawatan. Walikota juga akan melakukan langkah-langkah strategis apabila suspect Covid-19 ini terus mewabah di DKI Jakarta.
“Kalau lockdown itu wewenang pemerintahan pusat, sedangkan hampir 60 persen warga Kota Bekasi beraktifitas di Jakarta, disana mereka melakukan interaksi. Khawatirnya mereka membawa endemic baru di Kota Bekasi, jadi saya juga sudah melakukan kordinasi dengan jajaran Polres dan Dandim tentang langkah-langkah yang akan dilakukan,” tuturnya
Ia menambahkan upaya untuk melakukan penyelamatan 2,4 juta warga Kota Bekasi akan dilakukan. Terutama di wilayah yang berbatasan dengan wilayah luar seperti Jakasampurna. Daerah tersebut berbatasan dengan Depok, Bogor dan Bekasi.
Soal adanya Rumah Sakit yang menolak pasien yang terindikasi Covid-19 Walikota meyakini hal tersebut hanya miskomunikasi saja. Pihaknya sudah bertemu dengan sejumlah manajemen rumah sakit dan mengecek kesiapan dan memastikan Pemkot Bekasi telah menjamin melalui program Layanan Kesehatan Masyarakat.
“Kalo ada pasien yang ditolak, sudah lemah dan ditelantarkan Rumah Sakit saya akan langsung bentuk tim,” tukasnya.(sgr)

Pos terkait