Disdik Bebankan Biaya Sewa Aplikasi PPDB Online Rp2,5 juta

  • Whatsapp
PPDB Online Kota Bekasi

KanalBekasi.com – Dinas Pendidikan Kota Bekasi bebankan biaya sewa aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebesar Rp 2,5 juta. Biaya sewa aplikasi tersebut nantinya akan dipotong melalui alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah, pihaknya tidak mengalokasikan biaya aplikasi yakni Siap PPDB Online. Karena itu, setiap tahun SD negeri dan SMP negeri dibebankan biaya sewanya.

Muat Lebih

“Untuk aplikasi dari sekolah masing-masing, karena Dinas Pendidikan tidak mengalokasikan anggarannya, yang ada alokasi dari BOSDA untuk sewa aplikasi pertahun,” kata Inayatullah kepada wartawan, Selasa (19/5).

Inayatullah berkilah, tidak seluruh sekolah diwajibkan membayar sewa aplikasi, terutama SD Negeri. Sebab, terdapat sekolah yang menerima siswa dengan cara manual. Untuk besaran sendiri, Inayatullah menyebut relatif.

“Besaran masing-masing sekolah yang ada alokasi dari BOSDA untuk sewa aplikasi pertahun Rp2,5 juta setiap SDN dan SMPN sebesar Rp 4 juta,” ungkapnya.

Guna menjamin pelaksanaan PPDB Online berjalan lancar, Dinas Pendidikan melibatkan Dinas Komunikasi, Informatika dan Teleksandi Kota Bekasi dan pihak Telkom.

“Untuk kesiapan kita sudah komunikasi dengan Diskominfostandi dan pihak Telkom. Nanti kan ada uji coba, apalagi Telkom kan sudah setiap tahun kita pakai,” tutupnya.

Untuk diketahui, Pelaksanaan PPDB Online digelar mulai tanggal 30 Mei hingga 6 Juni 2020. Hal tersebut berdasarkan kesekapatan rapat bersama antara Dinas Pendidikan dan Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Selasa (19/5).

Sebelumnya, informasi yang berhasil dihimpun dilapangan menyebutkan bahwa, biaya sewa aplikasi PPDB online baru tahun ini diterapkan. Pada tahun lalu, biaya sewa aplikasi tersebut dibebankan kepada SD yang ditunjuk Disdik untuk menerapkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online. Sekitar 400 SD dan SMP negeri di Kota Bekasi nantinya akan menerapkan penerimaan siswa baru melalui website SIAP PPDB ONLINE .

“Kalau tahun sebelumnya, SD negeri saja yang ditunjuk menerapkan sistem PPDB melalui online. Yang tidak menerapkan online tidak diminta biaya sewa. Tetapi, kalau tahun ini seluruh SD negeri diminta menerapkan PPDB online. Dan biaya sewa aplikasi sebesar Rp 2,5 juta yang dipotong dari dana BOSDA. Kalau ditotal biaya sewa dan jumlah sekolah yang ada nilainya cukup besar,” tutup sumber dalam sebuah perbincangan.(boy)

Pos terkait