Petugas PSBB Mulai Beri Sanksi Sosial ke Pelanggar

  • Whatsapp
Petugas menghukum pelanggar PSBB

KanalBekasi.com – Pemerintah Kota Bekasi menerapkan sanksi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengingat bagian dari penerapan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Sejumlah pelanggar pada hari ke empat tahap ketiga PSBB yang diberlakukan di Kota Bekasi dijatuhi sanksi. Seperti di beberapa wilayah kecamatan yang ada pada Wilayah 1, petugas masih menemukan masyarakat yang tidak mematuhi aturan yang diterapkan. 

Muat Lebih

Baca Juga: Tujuh Kelurahan di Kota Bekasi Masih Bebas Corona

Masih ada yang belum bisa patuh terhadap aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Adapun sanksi yang diberikan bagi pelanggar sesuai dengan Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 29 Tahun 2020,” ungkap Ria, salah satu petugas yang berjaga di cek point Harapan Baru, Bekasi Utara, Sabtu, (16/5)

Padahal, tambah Ria, sosialisasi sudah rutin dilaksanakan namun kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga dirinya dari bahaya Covid19 masih sangat minim.

“Beragam pelanggaran yang dilakukan diantaranya tidak menggunakan masker saat berpergian, berboncengan (beda alamat). Ria mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya dengan selalu menerapkan Protokol Kesehatan,” tuturnya

Sebelumnya Pemerintah Kota Bekasi resmi memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga mulai hari ini, Rabu (13/5)  hingga Selasa (26/5). Perpanjangan status tersebut dalam upaya memutus pandemi Covid-19 yang belum menunjukan grafik penurunan

Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan pelaksanaan PSBB tahap I tidak efektif dan banyak sekali pelanggaran yang ditemukan di 32 titik perbatasan Kota Bekasi. Namun pelaksanaan PSBB tahap II mulai berjalan secara efektif berkat koordinasi hingga tingkat RW dan RT. Selanjutnya di PSBB tahap III, sanksi administratif pun berlaku bagi yang melanggar aturan PSBB.

Walikota mengatakan payung hukum perihal sanksi akan diberlakukan berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) Kota Bekasi Nomor 29 Tahun 2020 terbit hari ini, Sanksi dimulai dari teguran lisan, sanksi sosial, dan denda dengan nilai hingga puluhan juta, sampai penyegelan tempat usaha.(hms/adv)

Pos terkait