BBPLK Bekasi Serahkan Bantuan Wastafel Portabel untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
BBPLK Bekasi Serahkan Bantuan Wastafel Otomatis

KanalBekasi.com – Sebanyak 14 unit wastafel secara simbolis diserahkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi. Hal tersebut dalam upaya ikut berpartisipasi mencegah penyebaran Covid-19 terutama sekolah dan pesantren. 

Kepala BBPLK Bekasi, Herman mengatakan wastafel portabel dengan sistem infus sabun cair hasil karya BBPLK Bekasi tersebut diserahkan langsung kepada pengurus sekolah pesantren yang tergabung dalam komunitas BLK di wilayah Kota, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor dan Karawang

Muat Lebih

Baca Juga: BLK Gandeng Perusahaan Tingkatkan Kompetensi Pencari Kerja

Ini merupakan bentuk dukungan BBPLK Bekasi dalam mencegah penyebaran Covid-19 terutama disekolah,“ ujar Herman, Selasa (21/7)

Ia menjelaskan, pemberian 14 wastafel ini merupakan tahap ke 3. Setidaknya sudah ada 60 wastafel portable yang sudah dibagikan kepada masyarakat, 30 diantaranya sudah dibagikan untuk penanganan Covid-19 di wilayah Kota Bekasi.

“Sedangkan untuk 30 wastafel lainnya, sudah kita bagikan ke Pemerintah Kota Bekasi. Tujuan pembagian wastafel ini sebagai upaya memberikan fasilitas tempat cuci tangan di tempat umum,” ucap Herman.

Seperti diinformasikan sejak merebaknya pandemi Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan gencar melakukan program tanggap Covid-19 dengan mengoptimalkan fungsi BLK. Pelatihan di BLK diarahkan untuk menghasilkan produk – produk kesehatan diantaranya wastafel portable.

BLK sendiri sudah menghasilkan 1,6 juta produk alat kesehatan sejak merebaknya pandemi Covid-19. Hasil karya BLK itu dalam waktu dekat akan didistribusikan secara gratis ke Gugus Tugas, Rumah Sakit, Lembaga Keagamaan maupun non keagamaan.

Total sebanyak 8.876 peserta pelatihan di seluruh BLK dikerahkan membuat alat kesehatan yang diperlukan masyarakat mencegah penularan Covid-19.

Pembuatan alat kesehatan ini melibatkan 23 BLK UPTP, 71 BLK UPTD, dan 10 BLK Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sejak bulan Maret 2020 dan rencananya akan berakhir di bulan Juli 2020. Hasilny, telah diproduksi sebanyak 1,5 juta masker, 47 ribu APD, 50 ribu handsanitizer, 26 ribu face shield, dan 1.116 wastafel.(den)

 

Pos terkait