Pedagang Hewan Qurban di Bekasi Mengeluh Sepinya Pembeli

  • Whatsapp
Pedagang hewan qurban di Kayuringin, Kota Bekasi
KanalBekasi.com – Jelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah yang jatuh pada Jum’at (31/7) esok para penjual hewan qurban di Kota Bekasi mengeluhkan sepinya pembeli.
Hal itu dikatakan oleh Basir (50) penjual hewan qurban asal Kayuringin. Ia mengatakan penjualan hewan qurban masih tidak seperti pada tahun tahun sebelumnya.
Menurutnya dari sekitar 70 kambing yang ia jual saat ini hanya laku sekitar 11 kambing saja. Ia mengaku sudah hampir 1 bulan berjualan di dekat terminal DAMRI Kayuringin itu.
 
Bulan ini saya baru kejual 11 kambing saja,  buktinya tadi pagi baru kejual satu ekor kambing saja walau udah mau deket hari raya qurban,” ucapnya di lapak tempatnya berjualan di dekat terminal Damri, Kamis (30/7)
Basir menilai sepinya pembeli hewan qurban lantaran hal tersebut masih dipengaruhi akibat Pandemi Covid 19. Menurut informasi yang ia dapat dari para pembeli semenjak pandemi banyak perusahaan yang melakukan efisiensi.
“Jadi masyarakat kurang ada biaya dalam membeli hewan qurban,” jelasnya.
Basir menceritakan hewan qurban kambing yang ia pasarkan beragam yakni dari Rp 4 juta – Rp 6 juta rupiah. Hewan tersebut ia datangkan dari berbagai daerah.
Sementara, hal serupa juga dirasakan oleh penjual hewan qurban lainnya seperti Fajri (30). Ia mengatakan penjualan hewan qurban  saat ini  bisa dikatakan anjlok bila dibandingkan tahun lalu.
Fajri memaparkan, lapaknya menjual 92 ekor hewan qurban dengan rincian 22 ekor sapi dan 70 ekor kambing. Sapi sendiri yang kejual terjual baru 13 ekor dan bagi kambing sendiri baru terjual 30 ekor.
“Sapi dibuka dari harga Rp 21 juta – Rp 30 juta rupiah dan
Kambing dibuka harga dari 2,5 juta rupiah – Rp 6 juta,” Tuturnya
Ia juga menjelaskan, mendekati hari raya iedul qurban penjualan belum beranjak naik. Dalam 1 minggu kemarin hewan qurban yang terjual hanya 1 ekor kambing.
“Saya lihat masyarakat masih berminat membeli kambing ketimbang sapi, mungkin dari segi harga lebih terjangkau, ” Pungkasnya.(den)

Pos terkait