Pemerintah Siapkan Sanksi Pidana Bagi Warga Tak Bermasker

  • Whatsapp
Poto: Ruang isolasi untuk pasien suspect Corona di RSUD Kota Bekasi

KanalBekasi.com -Pemerintah kini tengah menyiapkan kemungkinan penerapan sanksi bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. 

“Yang kita siapkan sekarang ini, ini baru tadi saya perintah, untuk ada sanksi. Bukan pembatasan tapi ada sanksi karena yang kita hadapi sekarang ini adalah protokol kesehatan yang tidak dilakukan secara disiplin,” kata Presiden Jokowi, dalam keterangan biro 

Muat Lebih

Baca Juga: Pengidap Penyakit Tidak Menular Mudah Terpapar Virus Corona

Protokol kesehatan yang tidak diterapkan secara disiplin misalnya penggunaan masker. Presiden menyinggung di sebuah provinsi yang disurvei, hanya 30 persen masyarakat yang memakai masker. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu faktor pemicu meningkatnya jumlah warga terdampak Covid-19.

“Di sebuah provinsi kita survei hanya 30 persen, yang 70 persen tidak pakai masker. Bagaimana positivity rate-nya tidak tinggi?” ujarnya.

Adapun untuk bentuk sanksinya, Kepala Negara menjelaskan bisa berupa denda, kerja sosial, atau tindak pidana ringan (tipiring). Penerapan sanksi ini nantinya diharapkan akan membuat masyarakat lebih patuh terhadap protokol kesehatan.

“Tapi masih dalam pembahasan. Saya kira memang kalau diberi itu (sanksi), menurut kita semua tadi, akan berbeda,” tuturnya.

Sebagai informasi pemerintah terus mengupdate jumlah kasus baru penambahan Covid-19. Himbauan untuk menggunakan masker, melakukan sosial distancing juga terus disosialisasikan. Berikut data terbaru penambahan kasus baru Covid-19 per dua hari kemarin.

Selasa (14/7):

Pemerintah kembali memperbarui data kasus Covid-19 di Indonesia. Data Selasa (14/7) pukul 12.00 WIB terjadi penambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 1.591 orang. Sehingga total kasus positif Covid-19 nasional menjadi 78.572 orang. Pasien sembuh bertambah 947 orang. Sehingga totalnya menjadi 37.636 orang. Sementara pasien meninggal dunia, bertambah 54 orang. Sehingga total pasien meninggal 3.710 orang.

Senin (13/7):

Data Senin (13/7) menunjukkan, kasus Covid-19 di Indonesia sudah menembus angka 76.981 orang. Terjadi penambahan sebanyak 1.282 kasus baru. Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 bertambah 1.051 orang. Penambahan ini membuat total kasus sembuh di Indonesia mencapai 36.689 orang. Sementara kasus kematian karena Covid-19 juga bertambah 56 orang. Total akumulatif kasus kematian akibat Covid-19 menjadi 3.656 orang.(sgr)

Pos terkait