Penerimaan CPNS Tahun 2020 Ditunda, Sekolah Kedinasan Militer Tetap Dibuka

  • Whatsapp
Ilustrasi - CPNS

KanalBekasi.com – Rencana Pemerintah menunda penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 dipertegas oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo.

Menurut Tjahjo, pemerintah saat ini masih akan menuntaskan proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda akibat pandemi Covid-19.

Muat Lebih

“Penerimaan CPNS tahun 2020 akan kami tiadakan. Hal ini karena pemerintah masih akan menuntaskan proses seleksi CPNS formasi tahun 2019 yang tertunda karena pandemi Covid-19,” ungkap Tjahjo dalam keterangannya persnya Kamis (9/7)

Baca Juga: Pemerintah Buka Lowongan CPNS untuk SLTA Sederajat, Ini Tugasnya

Tjahjo menjelaskan, penerimaan CPNS tahun 2019 akan masuk pada tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Untuk tes SKB akan dilanjutkan bulan September sampai Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Untuk memastikan agar pelaksanaan SKB benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan, lanjut dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BKN, BNPB (Gugus Tugas Covid-19) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Untuk rekrutmen ASN 2021 akan dilaksanakan. Saat ini sedang dilakukan proses pengajuan serta verifikasi dan validasi usulan masing-masing instansi pemerintah,” tuturnya.

“Proses ini akan mempertimbangkan kebutuhan untuk pembangunan nasional dan daerah serta hasil evaluasi dampak pandemi Covid-19,” pungkas Tjahyo

Tjaho mengatakan salah satu kementerian yang sudah mengumumkan bahwa tak akan menerima CPNS adalah Kementerian keuangan atau Kemenkeu.  Kemenkeu telah menghitung dan menyusun proyeksi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan kerja mereka. 

Merujuk hasil perhitungan, diperoleh proyeksi kebutuhan SDM Kemenkeu pada 2020-2024 dengan asumsi minus growth sebesar -1,2 persen sampai dengan -2,2 persen per tahun. Sementara itu, proyeksi jumlah pegawai Kemenkeu pada 31 Desember 2024 mencapai 75.263 orang. Asumsinya, pada 2020 jumlah PNS Kemenkeu 80.926. Jumlah tersebut menyusut pada tahun-tahun berikutnya. 

“Pendaftaran STAN distop Meski jadi salah satu kampus favorit pilihan calon mahasiswa baru, tahun ini hingga 2024 pendaftaran Politeknik Keuangan Negara STAN dihentikan. Hal itu selaras dengan rencana moratorium penerimaan CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan,” terang Tjahyo

Anggaran untuk sekolah kedinasan, kata Tjahjo juga tak ada, namun Sekolah Kedinasan yang masih ada hanya Akademi Kepolisian (Akpol), Akademi Militer (Akmil), dan Universitas Pertahanan (Unhan).

“Sekolah Kedinasan militerr seperti Akpol, Akmil dan Unhan tetap ada,” pungkas Tjahyo.(sgr)

Pos terkait