Baznas Salurkan Zakat Beasiswa Senilai Rp 1,7 Milliar

  • Whatsapp
Pengurus Baznas Kota Bekasi ketika memberikan bantuan sumbangan pendidikan

KanalBekasi.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bekasi mendistribusikan dana zakat berupa beasiswa terhadap para santri di seluruh sekolah swasta Se-Kota Bekasi.

Ketua Baznas Kota Bekasi H Paray Said mengatakan penyaluran bantuan dana zakat ini merupakan kegiatan untuk yang ke dua kalinya yang di selenggarakan oleh Baznas Kota Bekasi. 

“Seperti pada saat penyaluran bantuan sebelumnya itu dilaksanakan pada waktu bulan suci ramadhan yaitu pada akhir bulan maret dan awal April dengan biaya Rp 2 miliar,” ucapnya, Kamis (⅞)

Baca Juga: BAZNAS Kota Bekasi Salurkan Bantuan Renovasi Rumah

Ia menerangkan, bahwa bantuan beasiswa yang akan disalurkan terhadap para santri oleh Baznas sebanyak Rp. 1.713.950 (satu miliar tujuh ratus tiga belas juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah).

Dengan rincian beasiswa terhadap 2000 santri Madrasah Ibtidaiyah (MI),1.130 santri Madrasah Tsanawiyah (MTS), 302 Raudhatul Athfal (RA), 635 santri Madrasah Aliyah (MA) serta 750 santri Taman Pendidikan Quran (TPQ).

Paray mengungkapkan, Adapun rincian pendapatan beasiswa yang diberikan antara lain untuk beasiswa bagi Madrasah Ibtidaiyah masing-masing santri

mendapatkan bantuan uang sebesar 300 ribu rupiah. Kemudian, Madrasah Tsanawiyah masing-masing santri mendapatkan bantuan uang sebesar Rp 360 ribu, Serta Madrasah Aliyah masing-masing santri mendapatkan bantuan uang sebesar Rp 420 ribu. Radaitul Atfal mendapat bantuan uang sebesar Rp 850 ribu dan Taman Pendidikan Al-Qur’an masing-masing santri mendapatkan bantuan uang sebesar Rp 750 ribu.

“Jadi jumlah santri yang kita berikan bantuan beasiswa ini adalah sebanyak 3,765 orang santri dan itu yang disalurkan kita pada hari ini,” jelas dia saat ditemui di Aula Muzdalifah Islamic Center KH.Noer Alie Bekasi

“Alhamdulillah ditengah Pandemi Covid-19 ini, kita melalui kegiatan sederhana ini sudah dapat melakukan pendistribusian terhadap para santri,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa bantuan beasiswa terhadap santri ini pun bentuk pendistribusian tidak cash dan akan dikirimkanmelalui rekening masing-masing lembaga pendidikan.

“Jadi nanti santri yang menerima bantuan itu harus dibuktikan dengan dia mengisi Surat Pertanggung Jawaban yang ditanda tangani langsung oleh nama si santri itu sendiri dan dia baru bisa mendapatkan uang bantuannya,” terang paray.

Selain itu, ketika siswa sudah mendapatkan uang bantuan, nantinya uang itu pun tidak langsung diberikan ke pihak santri sendiri. Tetapi bantuan uang yang diterima tersebut itu untuk dibayarkan kebutuhan atau keperluan biaya sekolah seperti SPP dan pembelian buku. 

“Sehingga uang tersebut murni untuk santri dalam proses kebutuhan pembelajarannya,” tukasnya.(den)

Pos terkait