Haornas Ke-37 KONI Kota Bekasi Beri Perhatian Khusus Bagi Siswa Berprestasi

  • Whatsapp
Sekdis Dinas Pendidikan Kota Bekasi UU Saeiful Mikdar dan Ketua KONI Abdul Rasyad Irwan saat memberikan keterangan pers terkait Haornas ke-37 Kota Bekasi

KanalBekasi.com – Peringati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke_37, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi helat talk show dan dialog Haornas 2020 dengan tema Memperkuat Keberpihakan Pemerintah Pada Siswa Berprestasi, di Gedung KONI Kota Bekasi, pada Rabu (09/09)

Ketua KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan mengatakan prestasi dan olahraga adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu ia terus berupaya agar siswa berprestasi mendapat ruang khusus.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Walikota Resmikan Kantor KONI Usai Direnovasi

“Selama ini kami selalu berupaya memperjuangkan siswa berprestasi agar mendapat kesempatan besar untuk mempunyai masa depan melalui prestasinya di bidang olahraga,” kata Ketua KONI Kota Bekasi, Abdul Rosyad Irwan, usai acara.

Lanjut pria yang akrab disapa Ian, masa depan bagi para atlet juga perlu diperhatikan. KONI Kota Bekasi telah mendidik atlet amatir dan mereka ingin punya prestasi olahraga.

“Kalau sekarang olahraga untuk mengharumkan nama bangsa dan negara tapi di sisi lain ada jaminan untuk masa depannya,” lanjutnya.

Namun demikian, menurut Ian selama ini olahraga masih dinomorduakan. Dengan kondisi itu, jangan berharap mendapat prestasi bahkan ditingkat regional sekalipun. Jadi harus saling mendukung pada setiap elemen yang berkaitan dengan hal tersebut.

“Sebutan orang ,Bekasi prestasi olahraganya bagus tapi saat kita cuma punya Stadion, lapangan badminton kita ngga punya, kolam renang kita nggak punya. Masih banyak yang fasilitas yang harus dilengkapi. Saat ini ketersediaan fasilitas olahraga baru 25 persen,” jelasnya.

Menyoroti atlet Kota Bekasi yang akan menyongsong Pekan Olahraga Daerah (Porda) Tahun 2021 mendatang, Ian menegaskan saat ini Kota Bekasi masih memerlukan perhatian khusus dalam urusan sarana dan prasarana. Sekarang ini, dari segi fasilitas dan kelengkapan saja baru beberapa daerah seperti Subang dan Bandung Barat yang telah menyiapkan.

“Kota Bekasi masih minim fasilitas latihan bagi para atlet. Kalau bicara olahraga tidak bisa baru jelang pelaksanaan, kita baru mengadakan latihan. Jadi mulai jauh-jauh hari kita persiapkan, karena olahraga ukurannya hanya keberhasilan,” tegasnya.

Terkait perhatian khusus bagi siswa berprestasi olahraga, dari segi pendidikan siswa, kata Ian sebelumnya Kota Bekasi telah mengadakan sekolah khusus olahraga di Sekolah Menengah Atas (SMA) 8. Namun seperti diketahui, saat ini kewenangan SMA berada di bawah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Wacana adanya sekolah olahraga di tingkat SMP belum bisa dilaksanakan. Tapi kami sudah ada wacana untuk pembangunan Wisma Atlet dan rencana sekolah seperti di Kabupaten Bogor paling tepat lokasinya di lingkungan Stadion ini kita punya. Nanti semua itu lengkap dengan sarana dan prasarana pendukungnya,” tukasnya.

Dalam kegiatan yang sama, Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, pihaknya terus memberikan dukungan kepada siswa siswi di Kota Bekasi agar dapat mengharumkan nama Bekasi dalam bidang olahraga. Mengenai sekolah khusus olahraga, hal itu bukan menjadi kewenangan Pemerintah Kota Bekasi.

“Kita sudah punya kok di SMA 8. Untuk penambahan kita tidak tahu, dan bukan tanggung jawab kita lagi. Yang jelas kita terus berikan perhatian bagi olahraga di Kota Bekasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan kali itu yakni, Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, UU Saeiful Mikdar dan segenap Ketua Pengurus Cabang Olahraga di Kota Bekasi. (red)

Pos terkait