Naik KRL Dilarang Gunakan Masker Scuba dan Buff

  • Whatsapp
PT KCI lakukan Pengetatatn protokol kesehatan memasuk stasiun Kereta Api

KanalBekasi.com – PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) mensosialisasikan kepada masyarakat pengguna KRL untuk disiplin menggunakan masker. Pengetatan aturan tersebut sebagai  upaya mencegah penyebaran Covid-19 di moda transportasi umum.

Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba meminta penerapan protokol kesehatan yang ketat saat naik KRL. Penumpang diminta memakai masker dengan benar yaitu menutupi hidung dan mulut secara sempurna.

Bacaan Lainnya

Baca Juga: KRL Tetap Beroperasi Selama Penerapan PSBB DKI Jakarta

Anne mengatakan untuk kesehatan bersama, sangat dianjurkan menggunakan masker yang efektifitasnya mencukupi dalam mengurangi droplet atau cairan. Gunakan setidaknya masker kain yang terdiri dari minimal dua lapisan. Hindari penggunaan jenis scuba dan masker buff atau kain untuk menutupi mulut dan hidung.

“Aturan-aturan lain selama PSBB juga masih berlaku, seperti bagi anak di bawah 5 tahun untuk sementara dilarang menggunakan KRL. Bagi orang lanjut usia atau berusia di atas 60 tahun, setiap harinya diperbolehkan menggunakan KRL mulai pukul 10.00-14.00 WIB,” katanya, Selasa (15/9)

Anne juga mengingatkan pengguna KRL  membawa barang sesuai ketentuan, bila ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk.

“Kita terus lakukan sosialisasi kepada calon penumpang agar benar-benar mengenakan masker dengan baik dan tepat,” ungkapnya

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap beraktivitas di rumah, terutama mereka yang bidang pekerjaannya tidak termasuk dalam pengecualian pada aturan PSBB. Transportasi publik tersedia untuk melayani mereka yang benar-benar memiliki kebutuhan mendesak.

Sementara itu, untuk kapasitas pengguna KRL pun masih berlaku sesuai aturan yaitu 74 orang per kereta. Guna tetap menjaga physical distancing, pengguna dapat mengatur waktu perjalanannya dengan menghindari jam-jam sibuk.

“Kami sarankan mengatur jam perjalanan dan bila harus beraktifitas mengenakan masker kain 2-3 lapis dan masker kesehatan untuk mengurangi penyebaran droplet yang masih mungkin terjadi. Ini penting untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(sgr)

Pos terkait