DPRD Kota Bekasi Berjanji Lebih Komunikatif dan Transparan Kepada Media Massa

  • Whatsapp

KanalBekasi.com – Dalam upaya membangun sinergitas media massa dan lembaga legislatif, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi gelar kegiatan Coffee Morning bersama awak media dari Kelompok Kerja Wartawan, Forum Jurnalis Bekasi, Rukun Jurnalis, dan Ikatan Wartawan Online, pada Rabu (25/11) di Rumah Makan Saung Bambu, Margahayu, Kota Bekasi.

Acara yang berisi diskusi kali itu mengangkat tema ‘Sinergitas Media dalam Menunjang Peran Legislatif Kota Bekasi’. Sehingga ke depannya diharapkan antara legislatif dan media massa dapat bekerja sama dalam mewujudkan Kota Bekasi yang Ihsan.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro berjanji bahwa di tahun 2021 pihaknya akan membangun hubungan yang lebih baik lagi dengan awak media, khususnya dalam hal komunikasi dan transparansi publik. Kondisi tersebut diakui Choiruman karena banyaknya keluhan rekan media dalam mengakses informasi dari Legislatif Kota Bekasi.

Baca Juga: Anggota Dewan Keluhkan Jaringan Internet DPRD Kota Bekasi Lemot

“Tahun mendatang kami akan tampilkan wajah baru, yang lebih terbuka, mudah diakses dan komunikatif dengan publik, terutama dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi awak media”, ujar Choiruman J Putro seraya berjanji kepada awak saat berlangsungnya diskusi.

Lanjut Choiruman, ia menyadari informasi yang diserap masyarakat cenderung bersumber dari media massa. Namun demikian, disayangkan banyaknya informasi tentang program kerja legislatif yang belum terekspos secara maksimal.

“Hal ini tentu menjadi pertimbangan, sehingga ke depan kami akan lebih memaksimalkan peran media massa dalam mensosialisasikan kebijakan maupun produk yang dihasilkan oleh DPRD”, lanjutnya.

Untuk itu ia akan terus berupaya membangun keselarasan dengan rekan media dalam menyajikan informasi publik kepada masyarakat Kota Bekasi. Harapannya, masyarakat Kota Bekasi dapat mengetahui program kerja dan produk hukum apa saja yang sudah dilaksanakan oleh legislatif.

“Kami juga ingin menciptakan lingkungan nyaman dan transparan, karena itu kami mendorong setiap anggota legislatif lebih terbuka terkait informasi apapun kepada awak media agar bisa menyampaikan kepada masyarakat”, tambahnya.

Sementara itu dalam sesi tanya jawab diskusi, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi, Iwan Nendi mengutarakan selama ini legislatif kurang melibatkan media dalam sosialisasi terkait kinerja maupun kebijakan politik dan juga produk hukum DPRD Kota Bekasi. Karenanya, dorongan optimalisasi informasi menjadi usulan yang disampaikan awak media dalam kegiatan tersebut.

“Selama ini banyak keluhan dari rekan-rekan media yang sulit mendapat informasi dari anggota legislatif. Sebagai corong DPRD kota Bekasi, seharusnya media massa memilki peran penting bagi penyebarluasan informasi kepada masyarakat. Kita harapkan ke depan kekurangan ini dapat diperbaiki, sehingga sinergitas media dengan DPRD bisa berjalan dengan baik”, ujarnya.

Tidak ketinggalan, Sekretaris DPRD Kota Bekasi, M Ridwan menjelaskan peran Sekretariat dalam menunjang seluruh kinerja anggota legislatif. Menurutnya, diperlukan kerjasama dan sinergitas dengan media massa baik cetak, elektronik, maupun online.

“Sekretariat akan selalu terbuka untuk rekan media selama ini demi kebaikan dan kebutuhan informasi publik. Adapun beberapa persoalan komunikasi yang tersumbat, ke depan akan kita perbaiki bersama”, tandasnya. (amg)

Pos terkait