Siloam Hospital Hadirkan Tes Cepat Molekuler, Deteksi Covid Hanya 15 Menit

  • Whatsapp
Siloam Hospital

KanalBekasi.com – Pandemi Covid-19 telah melanda dunia sekitar 9 bulan lamanya. organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat 474.455 kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia dengan angka kematian sebesar 15.393 dan 398.636 orang dinyatakan sembuh.

Pencegahan yang efektif adalah dengan melakukan tes yang dilakukan secara masif. Siloam Hospitals Group menghadirkan layanan tes diagnostik molekuler isotermal untuk pemeriksaan Covid-19.

Baca Juga: Siloam Dukung Anak Indonesia “Genius” Melalui Peringatan Hari Anak Nasional 2018

Deputy President Director Siloam Hospitals Group, Caroline Riady mengatakan alat Tes Molekuler Isotermal memungkinkan hasil tes diketahui hanya dalam waktu lima menit jika positif dan 13 menit jika negatif. Selain itu, teknologi ini juga memiliki performa tinggi yaitu sensitifitas mencapai 95% dan spesifisitas 97%.

“Berbeda dengan Tes Swab atau PCR, Tes Molekuler Isotermal ini yang tetap memberikan performa tinggi dan hasil dapat diketahui dalam waktu yang sangat singkat, ” kata Caroline, dalam keterangan persnya secara virtual, Kamis Jum’at (20/11)

Alat tes ini, sambung Caroline, merupakan metode terbaru deteksi Covid-19 dengan performa tinggi. Pengumpulan sampel untuk tes ini dilakukan melalui usapan (swab) nasofaring, dimana metode tes molekuler isotermal menggunakan amplifikasi asam nukleat isotermal, yang dapat menghasilkan waktu proses pemeriksaan lebih singkat dengan sensitivitas hasil tes 95.0% dan spesifisitas 97.9%.

“Dengan tersedianya layanan tes molekuler isotermal di Siloam Hospital Grup masyarakat  akan semakin mudah untuk mendapatkan akses terhadap tes COVID-19 dengan performa tinggi, “imbuhnnya

Masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit Siloam Hospitals Bekasi Group dengan harga Rp 999.000 (minimum 10 orang). Untuk wilayah Bekasi dapat dilakukan di Siloam Sentosa, Siloam Bekasi Sepanjang Jaya dan Siloam Bekasi Timur.

“Bagi masyarakat yang sudah mulai berkegiatan dengan jumlah peserta terbatas, misalnya acara resepsi pernikahan, pertemuan sosial atau kantor, layanan tes ini juga dapat digunakan. Selain itu,kami juga menyediakan layanan tes di rumah (home care),” pungkasnya.(sgr)

Pos terkait