Akses Pendidikan, Kesehatan dan Lapangan Kerja Jadi Prioritas Hari Disabilitas Internasional

  • Whatsapp
Ilustrasi penyandang disabilitas

KanalBekasi.com – Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2020 menjadi momentum untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas bagi penyandang disabilitas yang lebih mengedepankan paradigma human rights based.

Presiden Jokowi pada Puncak Acara Hari Disabilitas Internasional melalui video konferen meminta penyediaan akses teknologi informasi dan komunikasi, khususnya bagi penyandang difabel.

Baca Juga: Pemerintah Wajibkan Pemda Jamin Hak Bekerja Penyandang Disabilitas

“Tugas pemerintah selanjutnya adalah memastikan semua kebijakan dapat terlaksana dengan baik, dieksekusi dengan tepat dan dirasakan manfaatnya oleh penyandang disabilitas,” ujar Presiden, Kamis (3/12)

Sementara itu Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan kembali komitmen untuk penyediaan akses teknologi informasi dan komunikasi, khususnya bagi penyandang difabel.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Sosial atas peringatan HDI 2020 dengan tema Membangun Kembali Kehidupan yang Lebih Baik, Lebih Inklusif, Lebih Aksesibel dan Berkelanjutan Disaat dan Pasca Pandemi Covid-19. 

“Tema tersebut sejalan dengan peta jalan transformasi digital yang sedang difinalisasi oleh Kementerian Kominfo, di mana salah satu inisiatifnya adalah meningkatkan aksesibilitas teknologi informasi dan komunikasi untuk penyandang difabel,” ujar Menurut Menteri Johnny 

ketersediaan akses tersebut bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup penyandang difabel, termasuk akses untuk layanan kesehatan, pendidikan dan lapangan kerja serta membuka peluang partisipasi di bidang ekonomi, budaya, dan sosial di masyarakat. 

“Kementerian Kominfo terus mendukung lahirnya lebih banyak forum-forum publik dan kanal yang melibatkan kalangan difabel secara aktif. Mari kita perkuat solidaritas dan mengajak kalangan difabel untuk turut mengambil bagian integral dalam membangun bangsa,” ungkapnya.

Menteri Kominfo menyatakan peringatan HDI 2020, menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menjangkau setiap lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air tanpa terkecuali.

 “Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Presiden Republik Indonesia; no one should be left behind, enggak ada yang ditinggal di belakang,” tandasnya.(sgr)

Pos terkait