Kemenkes Tegaskan Vaksin Covid-19 Tak Ada yang Dikelola Swasta

  • Whatsapp
(Ilustrasi) Pemkot Bekasi gelar test swab di sejumlah pasar

KanalBekasi.com – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan tidak ada vaksinasi mandiri Covid-19 yang bisa dilakukan perusahaan swasta.

Dalam penjelasannya, ia mengatakan program Vaksinasi COVID-19 keseluruhannya telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres)

Bacaan Lainnya

Baca Juga: Lansia Masuk Kelompok Penerima Vaksin, Ini Syaratnya

“Di dalam peraturan presiden (perpres) 14/2020 tidak mengatur tentang badan usaha swasta melakukan vaksin mandiri,” ujar Nadia, Selasa (16/2)

“Perpres ini hanya memperbaiki beberapa pengaturan, misalnya sebuah unit yang ditunjuk tidak lagi harus memiliki sertifikat cara pembuatan obat yang baik (CPOB),” sambungnya.

Dengan begitu, Nadia melanjutkan perpres tidak mengatur perusahaan swasta bisa melakukan vaksinasi mandiri meski itu beralasan gotong royong untuk membantu Kemenkes.

Nadia pun menegaskan, Kemenkes saat ini sangat berhati-hati dan membahas masalah vaksin gotong royong ini dengan meminta sarang berbagai pihak.

“Jadi, mohon ditunggu saja karena memang kita belum membuat kebijakan mengenai vaksin gotong royong. Semua masih dalam proses internal dan berdiskusi dengan berbagai kementerian dan lembaga,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk kelompok petugas pelayanan publik dan lanjut usia (lansia) akan dimulai 17 Februari 2021.(sgr)

Pos terkait