Tujuh Kecamatan di Kabupaten Bekasi Rawan Banjir

  • Whatsapp
Ilustrasi

KanalBekasi.com  – Warga Kabupaten Bekasi diminta tetap waspada Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Kabupaten Bekasi menyatakan banjir di Kabupaten Bekasi masih ada di 28 desa yang tersebar di 7 kecamatan.

Sedikitnya terdapat 73 titik banjir dengan ketinggian muka air antara 10 – 75 cm dengan jumlah warga yang terdampak sebanyak 16.409 kepala keluarga.

Bacaan Lainnya

Pemerintah Kabupaten Bekasi terus melakukan pendampingan kepada warga terdampak banjir dengan menyalurkan bantuan di posko-posko pengungsian, dapur umum dan posko kesehatan yang disiapkan pemerintah daerah.

Baca Juga: Korban Banjir Citarum Dibantu Rp 20 Juta

Beberapa desa yang masih terdampak banjir di Kabupaten Bekasi, berdasarkan data terbaru Pusdalops-PB yang dirilis Jumat (26/02/21) pukul 18.00 WIB.

1. Kecamatan Cabangbungin

(Desa Jayalaksana, Desa Jayabakti, Desa Lenggahjaya, Desa Lenggahsari, Desa Sindangjaya, Desa Sindangsari, Desa Setialaksana, Desa Setiajaya).

2. Kecamatan Pebayuran

(Desa Karangharja, Desa Karangsegar, Desa Karangreja, Desa Karangpatri, Desa Sumberurip, Desa Sumbersari, Desa Sumberreja, Desa Karangsegar, Desa Bantarsari, Desa Bantarjaya).

3. Kecamatan Muaragembong

(Desa Pantai Harapanjaya, Desa Pantai Sederhana, Desa Pantaimekar).

4. Kecamatan Sukakarya

(Desa Sukakarya, Desa Sukajadi, Desa Sukamakmur).

5. Kecamatan Tambun Utara

(Desa Karangsatria, Desa Sriamur).

6. Kecamatan Babelan (Desa Bunibakti).

7. Kecamatan Karangbahagia (Desa Karang Bahagia)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mengingatkan potensi multi bencana yang disebabkan cuaca hujan ekstrem hingga Maret 2021 mendatang. Hujan dengan intensitas tinggi berpotensi menimbulkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, dan lainnya di sejumlah wilayah di Jawa Barat. 

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, saat ini mayoritas wilayah di Jabar telah memasuki puncak musim hujan yang diprediksi bakal terjadi pertengahan Januari hingga Februari. Pada periode musim hujan ini juga sering terjadi peristiwa cuaca ekstrem dengan curah hujan kategori tinggi dan sangat tinggi.(sgr)

 

Pos terkait