Drone Pertama Buatan RI untuk Operasi Intelijen Segera Diproduksi

  • Whatsapp
Drone Elang Hitam buatan RI yang segera diproduksi

KanalBekasi.com – Pesawat tanpa awak atau drone buatan anak bangsa dengan jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) segera diproduksi. Pesawat ini diberi nama Elang Hitam adalah proyek bersama yang digawangi Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Institus Teknologi Bandung (ITB), Kementerian Pertahanan, LAPAN dan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Drone Elang Hitam ini akan diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Ditargetkan, drone yang telah mendapatkan Sertifikat Tipe dari Indonesia Military Airworthiness Authority (IMAA) ini bisa mengudara pada Januari 2021.

Baca Juga: RI Miliki Pembangkit Listrik Tenaga Angin Pertama

Seperti dilansir dari laman BPPT dan PT DI, Sabtu (31/10), Elang Hitam memiliki beragam keunggulan. Dengan panjang 8,3 meter dan bentang sayap 16 meter kemampuan take off dan landing sekitar 700 meter dengan kemampuan terbang di ketinggian 20.000 feet.

Kecepatan maksimum drone ini bisa mencapai 235 kilometer per jam dengan lama terbang sekitar 30 jam.

Drone Elang Hitam juga dapat dioptimalkan fungsinya untuk kebutuhan surveillance dan target acquisition yang dapat dipersenjatai dengan kemampuan short take off landing, maksimum endurance yaitu sampai 30 jam targetnya.

Penggunaan drone ini dilakukan untuk mendukung kegiatan intelijen, pengawasan, pengintaian dan penargetan (Intelligence, Surveillance, Reconnaissance and Targeting).

Drone ini diharapkan bisa menjaga kedaulatan NKRI, mengingat kebutuhan pengawasan udara terus bertambah seiring meningkatnya ancaman daerah perbatasan, terorisme, penyelundupan, pembajakan, serta pencurian sumber daya.(sgr)

 

Pos terkait