Stres Dapat Perparah Kondisi Kesehatan Pasien Corona

  • Whatsapp
Ilustrasi

KanalBekasi.com – Tingkat stres seseorang berpengaruh terhadap kondisi tubuhnya. Sejumlah pasien yang konfirmasi positif Covid-19 disinyalir mudah bergejala berat ketika sedang mengalami depresi atau stres.

Dokter Rizki Dwi Mulyanti, salah seorang dokter yang bertugas di Rumah Sakit di Jakarta mengatakan stress membuat kondisi badan menjadi drop, ini karena stress memiliki keterkaitan dengan imun tubuh.

Dokter Rizki atau biasa disapa Kiki merujuk sebuah studi yang dilakukan para ahli dari Ohio State University, menunjukkan bahwa stres dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan mengganggu komunikasi antara sistem saraf, endokrin (hormon) sistem, dan sistem kekebalan tubuh. Apabila ketiga sistem tersebut terganggu ‘komunikasinya’, maka akan berpengaruh pada upaya dalam melawan penyakit sehingga sulit atau lama sembuh.

“Stres yang dialami dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon stres, terutama glukokortikoid. Hormon ini dapat mengganggu aktivitas sel darah putih sebagai pertahanan tubuh terakhir, ” tuturnya,  Minggu (25/7)

Baca Juga: Cegukan pada Sandiaga Disebut Medis Terindikasi Stres

Sementara itu riset lainnya menyebutkan 99 persen penyakit muncul akibat stress yang diakibatkan karena penurunan sistem imun atau daya tahan tubuh terhadap virus atau bakteri.

Selain itu, penelitian lain mengungkapkan aktivitas sel T pada tubuh yang berguna untuk meningkatkan imun, ditemukan lebih rendah pada orang yang stress atau depresi dibandingkan dengan mereka yang tanpa stress atau depresi.

“Itulah mengapa jika ada yang terinfeksi Covid 19, banyak teman atau keluarga yang menyarankan untuk jangan stress, tetap bahagia dan menghibur diri dengan aktivitas yang bisa menyegarkan pikiran, ” terangnya

Karena itu semua merupakan salah satu cara agar bisa segera sembuh dari Covid 19, selain mengonsumsi vitamin dan obat-obatan yang diperlukan.

Kiki menyarankan agar imun tubuh kita selalu  terjaga untuk lakukan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Kembangkan hobi.Selain membuat tubuh lebih sehat, olahraga juga bisa meredakan stres.

“Dengan berolahraga, otot tubuh akan lebih rileks dan pikiran Anda pun akan teralihkan sehingga bisa memperbaiki suasana hati Anda, ” pungkasnya. (sgr)

Pos terkait