Kemenkes Sebut Ada 54 Kasus Mutasi Baru Virus Corona

  • Whatsapp
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (net)

KanalBekasi.com – Virus Corona yang telah setahun lebih menjangkiti masyarakat dunia kabarnya telah memunculkan banyak varian baru.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono mengatakan hingga kini sudah ada 54 kasus mutasi baru virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Menurut Dante, sejatinya kondisi virus Corona selalu mengalami mutasi secara natural. Mutasi ini dilakukan agar virus dapat bertahan hidup.

Baca Juga: Kemenkes: Virus Corona B117 Lebih Mudah Menular

“Sedangkan secara endogen bahwa virus ini mengalami mutasi secara biologis natural. Ada variant of interest, ada variant of concern, ada variant of consequence,” ungkap Dante, Kamis (27/5)

“Dan semua virus ini secara cerdas biologis, mereka membuat perubahan-perubahan untuk melakukan mutasi supaya mereka tetap hidup,” sambungnya.

Wamenkes menjelaskan, kasus Corona di Indonesia pun sudah mengalami mutasi secara genomik. Ini terbukti lantaran varian virus Covid-19 di Indonesia berbeda dengan varian virus yang ada di Wuhan, China.

“Jadi bisa dilihat, sudah terjadi mutasi lokal di Indonesia untuk virus Covid-19 di Indonesia ini berbeda dengan varian mutasi secara genomik di Wuhan. Ini menunjukkan bahwa variasi ini berubah dan virus ini akan berubah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dante menyebut pihaknya telah memeriksa 1.744 sampel di seluruh Indonesia terkait dugaan adanya perubahan genomik atau mutasi pada virus Corona di Indonesia. Dia memastikan kini sudah ada 54 kasus mutasi Corona yang ditemukan di Indonesia.

“Ternyata dari evaluasi yang kami lakukan ada beberapa mutasi yang sudah terjadi. Ada 54 kasus mutasi yang terjadi. Kasus mutasi yang terjadi tersebut kemudian dibedakan antara kasus mutasi yang sumbernya berasal dari luar dan tidak ada kontak dari sumber luar,” terangnya.

“Jadi mutasinya sudah terjadi di beberapa tempat di Indonesia, di beberapa provinsi di Indonesia baik transmisi lokal maupun transmisi impor,” imbuhnya.(red)

Pos terkait