1,5 Juta Warga Jabar Sudah Divaksin, Kota Bekasi Masuk Zona Orange

  • Whatsapp
(Ilustrasi) Pemkot Bekasi gelar test swab di sejumlah pasar

KanalBekasi.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengkonfirmasi perkembangan Covid-19. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Setiawan Wangsaatmaja melaporkan, selama dua pekan berturut-turut, tidak ada daerah di Jabar berstatus Zona Merah atau Risiko Tinggi.

Berdasarkan data Bersatu Lawan COVID-19 pada periode 22-28 Maret 2021, 19 daerah masuk Zona Oranye atau Risiko Sedang, dan delapan daerah berstatus Zona Kuning atau Risiko Rendah.

Bacaan Lainnya

“Tidak ada satu pun kabupaten/kota yang masuk di dalam kelompok zona resiko tinggi,” tuturnya, Kamis (1/4)

Adapun delapan daerah yang berstatus Zona Kuning atau Risiko Rendah, yakni Kabupaten Cianjur, Bandung, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Purwakarta, Bandung Barat, dan Pangandaran.

Terkait progres vaksinasi, Setiawan mengungkapkan bahwa total cakupan vaksinasi di seluruh Jabar sudah mencapai 1.565.057 dosis atau 23,08 persen terhadap total target sasaran vaksinasi di Jabar.

Persentase cakupan vaksinasi tertinggi dilakukan oleh Kota Cimahi, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Depok, dan Kota Tasikmalaya.

“Dan ini terus kita akan berprogres sampai dengan hari ini juga (vaksinasi) masih berjalan,” tuturnya.

Baca Juga: Walikota dan Wakil Walikota Bersama Forkopimda Besok Dijadwalkan Suntik Vaksin Covid-19

Sebelumnya Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, wilayahnya turun menjadi zona oranye pada 28 Februari lalu dan data yang merupakan kasus baru aktif pada tanggal 2 maret 2021 berjumlah 335 kasus.

Kemudian pada tanggal 3 maret 2021 sebanyak 313 angka kasus baru dengan kondisi 312 kasus aktif baru dan angka kematian baru yang meninggal1 kasus.

Saat ini, kata dia, kapasitas angka bed okupansi rate (BOR) ruang isolasi pasien Covid-19 di seluruh Rumah Sakit Kota Bekasi secara keseluruhan ada ditingkat 66,06 %.

”Alhamdulillah untuk kapasitas BOR kita saat ini sudah diangka 66 persen. Jadi sudah jauh menurun bagi angka kapasitasnya dan untuk Rumah Sakit sejuah ini sudah amanlah bagi kapasitasnya,” ucapnya.

Rahmat menjelaskan, kemudian untuk angka kematiannya sendiri Kota Bekasi sudah berada di angka 1,2 % dan bagi angka kesembuhannya sendiri juga sudah berada dijangkauan 94%.

“Di Kota Bekasi sendiri untuk tingkat penyebaran Kasus Covid-19 melalui angka Positivity Rate berada di angka 21,02 %, ” tukasnya. (sgr)

Pos terkait