Bukan Pemudik, Video Viral Buruh Protes Tol Japek Disekat

  • Whatsapp
Video viral buruh yang terjebak di tol Japek

KanalBekasi.com – Sebuah video viral yang menunjukkan kerumunan karyawan sebuah pabrik memprotes akibat tidak bisa melintas di Gerbang Tol Cikarang Barat, Kamis (6/5).

Di video berdurasi 29 detik itu sejumlah pekerja pabrik dengan seragam kemeja berwarna biru muda menunggu antrean bus yang terhenti karena tidak bisa melintas.

Bacaan Lainnya

Disampaikan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, situasi tersebut sudah diatasi dengan baik. Menurutnya sejumlah karyawan pabrik itu ingin berangkat kerja dan terhambat oleh situasi yang ada di lokasi. Ia memastikan bahwa itu bukan pemudik.

“Sudah diatasi dengan baik. Protes dari para angkutan karyawan yang mau keluar dari GT Cikarang Barat dari arah Cikampek. Sekarang sudah normal kembali,” terang Kombes Pol Sambodo Purnomo, Kamis (6/5/2021).

Dijelaskan Sambodo, hal itu terjadi akibat adanya crossing dengan kendaraan yang terjaring dalam penyekatan larangan mudik Lebaran 2021.

Baca Juga: Akses Masuk Jakarta Besok Ditutup Halau Arus Balik Pemudik

“Karena GT Cikarang barat ditutup agar tidak crossing dengan kendaraan yang kita putar balik. Untuk saat ini kondisi sudah terkendali dan arus lalu lintas sudah lancar,” ungkap Sambodo Purnomo

Sebagaimana diketahui Pemerintah melakukan larangan mudik pada Lebaran 2021. Aturan mulai resmi berlaku saat ini, Kamis (6/5) pukul 00.00 WIB, dan akan berakhir pada Senin (17/5). Sejumlah jalur arteri maupun jalur tikus, jalan tol ditutup, serta seluruh moda transportasi umum jarak jauh tak menjual tiket.

Pemberlakuan larangan mudik ini seiring dengan dimulainya Operasi Ketupat 2021. Efeknya, pertama, sejumlah jalan disekat untuk mencegah pemudik lewat. Petugas gabungan melakukan penyekatan di 381 titik.

Titik penyekatan itu tersebar dari Sumatra Selatan hingga Bali. Rinciannya, wilayah Polda Sumsel 10 titik penyekatan, Polda Lampung 9 titik, Polda Banten 16 titik, Polda Metro Jaya 14 titik.(sgr)

Pos terkait